Ini Penyebab Diabetes pada Ibu Hamil

Selasa, 15 November 2016 - 06:18 WIB
Ini Penyebab Diabetes pada Ibu Hamil
Ini Penyebab Diabetes pada Ibu Hamil
A A A
JAKARTA - Selama kehamilan calon ibu mengalami banyak perubahan, termasuk perubahan kesehatan. Sayangnya, selama proses kehamilan banyak yang tidak menyadari mengalami beberapa penyakit. Salah satunya diabetes melitus gestasional (DMG).

"Diabetes melitus gestasional merupakan suatu kondisi medis di mana wanita yang sebelumnya tidak pernah terdiagnosis diabetes, namun menunjukkan peningkatan gula darah tinggi selama kehamilan," papar dr. Olivia C. Walewangko, SpPD dari Rumah Sakit Evasari Awalbros, Jakarta.

Normalnya, kadar gula darah diatur oleh hormon insulin yang membuat glukosa di dalam aliran darah masuk ke dalam sel. Namun saat hamil, tubuh wanita akan memproduksi lebih banyak hormon, seperti hormon estrogen yang memicu tubuh menjadi resisten terhadap kerja insulin. Ini yang menjadi penyebab munculnya DMG.

"Padahal guna dari kerja insulin adalah menurunkan kadar gula darah. Akibat tidak bekerjanya insulin, maka gula darah akan meningkat sehingga terjadilah DMG. Tapi kadar gula darah ibu hamil biasanya akan kembali normal dengan sendirinya setelah bersalin," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7213 seconds (0.1#10.140)