7 Tips Keramas yang Benar

Senin, 28 November 2016 - 02:30 WIB
7 Tips Keramas yang Benar
7 Tips Keramas yang Benar
A A A
JAKARTA - Keramas atau mencuci rambut pasti rutin dilakukan oleh setiap orang. Namun apakah Anda benar-benar tahu bagaimana cara keramas yang benar?

Ternyata, cara keramas yang benar dapat mempengaruhi kesehatan dan kecantikan rambut Anda. Begitu juga jika Anda melakukan cara yang salah tentu akan merusak rambut tanpa Anda sadari. Dikutip Style Caster, berikut tips keramas dengan cara yang benar dari dua professional terkemuka di bidang rambut di New York, yakni Nunzio Saviano dan Kyle White.

1. Mulailah dengan bilas
Sama seperti mencuci baju, Anda butuh membilasnya terlebih dahulu sebelum Anda menambahkan sampo. Rambut pun harus benar-benar basah sebelum Anda menambahkan sampo. Ada baiknya, Anda memakai air hangat karena ini akan membuka kutikula yang baik untuk menghilangkan kotoran atau hal-hal yang terperangkap dalam rambut.

2. Jika Anda memiliki rambut panjang, dahulukan conditioner
Jika Anda memiliki rambut di bawah bahu, lindungi bagian ujung rambut yang rapuh dari kekeringan dan kerusakan dengan memberikan sedikit conditioner dan bilas sebelum keramas. Hal ini tidak hanya dapat menjaga ujung rambut yang sehat, namun juga akan mengisi lubang di kutikula dengan kelembaban, sehingga rambut halus dan semakin bersinar.

3. Keramas hanya pada kulit kepala
Menurut Saviano, Anda hanya perlu keramas di kulit kepala, terutama pada tengkuk. Sementara, menurut White, rambut yang paling dekat dengan kulit kepala adalah yang termuda dan pasti akan menjadi sangat berminyak, sedangkan ujung rambut adalah yang tertua dan biasanya menjadi bagian rambut yang paling kering dan paling rapuh. Selain itu, baik Saviano dan White setuju bahwa jangan menggunakan sampo berlebihan.

4. Keramas dengan lembut
Gesekan secara permanen dapat merusak kutikula rambut Anda yang mengarah ke kerusakan. Pikirkan seperti Anda sedang mencuci tangan Anda, yakni dengan halus dan sangat hati-hati.

“Mulailah dari akar, kemudian ke kulit kepala dan rangsang pertumbuhan rambut dengan tekanan sedang,” kata White. Dia juga menggarisbawahi bahwa jangan gunakan gerakan melingkar yang akan membuat rambut kusut.

5. Jangan keramas dua kali
Hindari pengupasan rambut dengan melakukan satu kali keramas saja. Kecuali rambut sangat kotor dan pada keramas pertama sampo tidak menghasilkan busa.

6. Tambahkan condisioner dari pertengahan ke ujung rambut
Setelah sampo dibilas, peras rambut sebelum Anda memakai condisioner. Setelah memakai condisioner, jepit rambut Anda dan selesaikan mandi Anda. Kemudian bilas kondisioner saat terakhir sebelum Anda meninggalkan kamar mandi. Semakin lama konditioner menyerap pada rambut Anda, maka akan semakin baik.

7. Bilas dengan air dingin
White menjelaskan bahwa, air dingin akan menutup kutikula dan lapisan luar yang dapat terkena banyak cahaya yang dapat menghambat rambut berkilau.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4962 seconds (0.1#10.140)