Agar Nutrisi Tidak Hilang, Jangan Rebus Sayuran Terlalu Lama

Selasa, 29 November 2016 - 08:20 WIB
Agar Nutrisi Tidak Hilang, Jangan Rebus Sayuran Terlalu Lama
Agar Nutrisi Tidak Hilang, Jangan Rebus Sayuran Terlalu Lama
A A A
JAKARTA - Memasak sayuran dengan merebus merupakan kebiasaan yang kerap dilakukan banyak orang. Namun, pastikan Anda tidak merebus sayuran dengan waktu yang tidak lama.

Pasalnya, merebus sayuran terlalu lama bisa mengurangi separuh kandungan vitamin dan mineral yang terkandung. "Mengolah sayuran dengan cara direbus, apalagi dengan suhu tinggi dan dalam jangka waktu yang terlalu lama, dapat menghilangkan nutrisi di dalamnya hingga 50%," papar nutrisionis Tracy Lesht seperti dilansir dari Shape.

Lanjut Lesht menjelaskan, beberapa jenis sayuran memiliki vitamin yang mudah larut dalam air. Oleh karena itu, dia pun menyarakankan untuk tidak merebus sayuran. Jenis sayuran tersebut adalah kubis, bayam, kangkung, brokoli, buncis dan kacang polong.

Namun, jika tetap ingin merebus sayuran, Lesht menyarankan untuk tidak terlalu lama dan tidak menggunakan suhu yang terlalu tinggi. "Alasannya adalah ketika Anda merebus sayuran dengan kandungan vitamin seperti ini, maka manfaat sehatnya juga akan berkurang," sarannya.

Hal lain yang harus diperhatikan saat memasak sayuran dengan direbus adalah meminimalkan waktu memasakan. Selain itu gunakan juga sedikit air dengan api kecil. Cara ini dipercaya agar jumlah nutrisi yang terserap dan menguap menjadi lebih sedikit.

"Cara terbaik untuk menjaga keutuhan nutrisi dalam sayuran adalah dikukus atau dipanggang sebentar," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7157 seconds (0.1#10.140)
pixels