Bolehkah Ibu Menyusui Penderita Kanker Memberi ASI Bayinya?

Sabtu, 10 Desember 2016 - 20:30 WIB
Bolehkah Ibu Menyusui Penderita Kanker Memberi ASI Bayinya?
Bolehkah Ibu Menyusui Penderita Kanker Memberi ASI Bayinya?
A A A
JAKARTA - Air susu ibu (ASI) merupakan makanan terbaik bagi bayi. Banyak manfaat yang didapatkan dengan memberikan ASI. Salah satunya baik untuk kesehatan, tumbuh kembang anak hingga meningkatkan kecerdasan.

Namun, bagaimana jika ibu menyusui pengidap kanker? Bolehkah dia memberikan ASI untuk bayinya?

Ketua Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Mia Sutanto mengatakan bahwa ibu yang mengidap penyakit kanker dan sedang menjalani kemoterapi dilarang menyusui. Alasanya, itu bisa membahayakan kesehatan bayi.

"Kalau dia masih dalam perawatan kemoterapi tidak dianjurkan karena itu obat keras. kalau ibu mengalami penyakit tertentu, ibu tidak boleh memberikan air susu,” ujar Mia Sutanto kepada Sindonews di Jakarta.

Dia pun menganjurkan agar ibu hamil yang sedang menjalani kemopterapi untuk memberikan susu formula ataupun ASI donor. Sebab, solusi itu memudahkan sang bayi mendapatkan gizi yang cukup.

"Dia bisa kasih susu formula dan susu donor untuk melengkapi konsumsi ASI pada anak,” kata dia.

Tapi, jika ibu mengalami penyakit tipus, pilek ataupun deman berdarah justru boleh memberikan ASI kepada sang buah hati. Sebab, penyakit tersebut tidak memiliki kandungan obat yang tidak terlalu keras.

"Pilek, tipus, demam berdarah, bisa kok ibu tetap menyusui," ucap dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5434 seconds (0.1#10.140)