Awas! Makanan Ini Picu Mimpi Buruk

Senin, 09 Januari 2017 - 18:20 WIB
Awas! Makanan Ini Picu Mimpi Buruk
Awas! Makanan Ini Picu Mimpi Buruk
A A A
JAKARTA - Setiap makanan yang dikonsumsi akan memberikan pengaruh pada tubuh, salah satunya termasuk memengaruhi mimpi. Sejumlah makanan pun dipercaya bisa menyebabkan mimpi buruk. Akibatnya, detak jantung berdebar menjadi lebih cepat dan memicu rasa lelah.

Dilansir dari Medical Daily, mimpi buruk umumnya terjadi karena adanya kekacauan penerimaan informasi di otak selama fase tidur REM. Kekacauan tersebut disebabkan oleh konsumsi obat-obatan tertentu, alkohol hingga sensitivitas terhadap makanan tertentu. Oleh karena itu, sejumlah pakar menyarankan untuk menghindari makanan tersebut saat makan malam atau ketika waktu tidur.

Lisa Medeline, asosiasi klinis psikiatri dari University of Chicago Hospital menjelaskan, ada beberapa makanan yang bisa menyebabkan mimpi buruk. Makanan tersebut adalah makanan pedas, berlemak tinggi dan mengandung banyak minyak hewani. Menurut Lisa, makanan tersebut akan menaikkan suhu tubuh dan mengganggu fase tidur REM.

Di mana kondisi ini sama seperti saat seseorang menderita demam. Tak hanya itu, Lisa juga menilai, makanan berat dan pedas juga sulit dicerna dan mengakibatkan gangguan pada siklus tidur.

“Sangat mungkin bila makanan pedas, atau makanan lain seperti susu dan makanan berminyak, kadang-kadang menyebabkan mimpi buruk atau mimpi aneh," papar profesor di Universite de Montreal merangkap direktur laboratorium mimpi dan mimpi buruk di Sacre-Coeur Hospital, Tore Nielsen.

Selain itu, makanan dengan komposisi kimia tertentu juga akan memengaruhi mimpi seseorang. Seperti halnya makanan dengan kandungan triptofan atau melatonin yang akan memperpanjang fase tidur REN dan membuat mimpi terasa lebih nyata.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8073 seconds (0.1#10.140)
pixels