Gejala Bintik Merah Bukan Jadi Acuan untuk Kenali DBD

Sabtu, 04 Februari 2017 - 17:19 WIB
Gejala Bintik Merah Bukan Jadi Acuan untuk Kenali DBD
Gejala Bintik Merah Bukan Jadi Acuan untuk Kenali DBD
A A A
JAKARTA - Masyarakat harus mewaspadai serangan demam berdarah dengue (DBD). Seperti Jakarta, jumlah pasien DBD di wilayah tersebut juga meningkat dua kali lipat dari tahun sebelumnya.

Dr Stephanie Patricia, dari Medi-call Indonesia mengatakan, bahwa sangat sulit untuk mengenali tanda DBD. Pasalnya, tanda bintik merah bukan acuan untuk mengindentifikasi DBD.

“Berbeda dengan beragam kasus DBD beberapa tahun silam yang hanya muncul di musim hujan, penyakit ini kini muncul sepanjang tahun di berbagai wilayah Indonesia. Bahkan tanda bintik merah dan demam tinggi sudah tidak bisa lagi dijadikan acuan untuk mengidentifikasi gejala DBD,” ujar dr Stephanie Patricia, dari Medi-call Indonesia dalam keterangan resmi yang diterima Sindonews.

Karena itu, masyarakat harus ekstra waspada terhadap gejala yang timbul dan mengambil langkah cepat bila terkena demam berdarah. Sebab, terlambatnya menangani DBD akan sangat berbahaya bagi pasien.

“Jika terlambat ditangani, pasien bisa mengalami kebocoran plasma dan perdarahan saluran cerna hingga mengakibatkan kematian,” katanya.

Namun masyarakat di kota besar bisa cukup lega dengan kehadiran vaksin DBD, Dengvaxia, yang telah beredar sejak akhir tahun lalu. Lebih hebat lagi, vaksin yang hanya dapat diuji efektivitasnya oleh pasien berusia 9-15 tahun ini bisa dilakukan di rumah, karena vaksin ini telah tersedia di sejumlah apotik ternama, seperti K-24 yang buka selama 24 jam, sehingga dokter dapat memperoleh vaksin dengan mudah.

“Pasien pun dapat memanggil dokter ke rumah untuk melakukan vaksinasi melalui aplikasi berbasis Android, Medi-call. Aplikasi berbasis lokasi ini akan menemukan dokter yang paling dekat dengan lokasi pasien sehingga mereka bisa mendapat layanan kesehatan lebih cepat. Jadi pasien tak harus khawatir macet atau mengganggu aktivitas di rumah seperti biasa,” tandasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6200 seconds (0.1#10.140)