Penyanyi Jazz Al Jarreau Tutup Usia Jelang Perhelatan Grammy

Senin, 13 Februari 2017 - 10:35 WIB
Penyanyi Jazz Al Jarreau...
Penyanyi Jazz Al Jarreau Tutup Usia Jelang Perhelatan Grammy
A A A
LOS ANGELES - Perhelatan Grammy Awards ke-59 yang dihelat di Staples Center, Los Angeles, Minggu (12/2/2017) waktu setempat atau Senin (13/2/2017) waktu Indonesia diwarnai dengan berita duka meninggalnya 7 kali penerima piala bergengsi ini, Al Jarreau. Penyanyi jazz dan R&B legendaris itu meninggal dunia dalam usia 76 tahun pada Minggu (12/2/2017) di Los Angeles.

Jarreau mengembuskan napas terakhirnya beberapa hari setelah dia mengumumkan pensiun dari tur karena kesehatannya yang terus memburuk. Pengumuman meninggalnya pemilik hits We’re in This Love Together dan Moonlighting itu diunggah di laman Facebook-nya. Tidak diungkapkan apa penyebab Jarreau meninggal dunia.

“Jarreau meninggal dunia pagi ini sekitar pukul 06.00 waktu Los Angeles (20.00 WIB). Dia berada di rumah sakit, didampingi istri, putra dan sejumlah anggota keluarga dan teman,” ujar pengumuman itu seperti dikutip Reuters.

Pekan lalu, Jarreau dilarikan ke rumah sakit akibat kelelahan dan dia dipaksa membatalkan seluruh turnya yang tersisa di 2017. Pada Rabu (8/2/2017) pekan lalu, dia mengumumkan pensiun dari tur. Pada Kamis (9/2/2017), laman Facebook-nya mengatakan, dia sedang memulihkan diri secara pelan dan baik.

“Putranya melaporkan bahwa dia melihat ayahnya menyanyikan lagu Moonlighting pada salah satu perawatnya tadi pagi … tanda yang sangat memberikan semangat,” tulis pos tersebut.

Moonlighting adalah lagu yang dipakai sebagai soundtrack show televisi yang dibintangi Bruce Willis dan Cybill Shepherd pada 1980an. Lagu yang liriknya ditulisnya sendiri ini mengokohkan tempat Jarreau di budaya pop.

Jarreau dianggap sebagai salah satu penyanyi jazz terhebat dengan menguasai scat singing (menyanyi dengan menirukan alat musik) dan perkusi dengan vokal. Hit We’re in This Love Together dari album Breakin’ Away (1981) membawanya meraih kesuksesan komersial mainstream.

Album itu memenangkan Grammy untuk best pop performance. Jarreau juga memenangkan Grammy untuk best jazz vocal performance, best pop vocal performance dan best R&B vocal performance. Pada 2006, dia meraih Grammy untuk traditional R&B vocal performance bersama George Benson dan Jill Scott untuk lagu God Bless the Child.

Terlahir dengan nama Alwin Lopez Jarreau di Milwaukee pada 12 Maret 1940, album pertamanya dirilis pada 1975. Dia melakukan debut chart Billboard-nya pada 1981 dengan lagu We’re in This Love Together. Lagu itu adalah hit chart tertingginya dengan berada di posisi 15 pada November 1981.

Jarreau juga merupakan salah satu bintang yang turut urun suara dalam single We Are the World untuk mendapatkan uang demi pemulihan kelaparan di Afrika. Dia kebagian lirik di antara Willie Nelson dan Bruce Springsteen. Jarreau meninggal dunia hanya beberapa jam sebelum Grammy Awards ke-59 resmi digelar.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0726 seconds (0.1#10.140)