Dorong Indonesia Jadi Tren Dunia, Bekraf Rilis Indonesia Trend Forecasting

Rabu, 01 Maret 2017 - 02:30 WIB
Dorong Indonesia Jadi...
Dorong Indonesia Jadi Tren Dunia, Bekraf Rilis Indonesia Trend Forecasting
A A A
JAKARTA - Kurangnya riset dan pengembangan dalam subsektor desain interior, produk, fashion hingga kriya di Indonesia menjadi tantangan untuk menghasilkan produk-produk yang memiliki daya saing. Berdasarkan fakta tersebut, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) terus mendorong peningkatan ekonomi kreatif Indonesia pada subsektor tersebut.

Salah satunya dengan meluncurkan buku Indonesia Trend Forecasting (ITF) 2017-2018. Buku ini dinilai mampu memberikan terobosan baru dalam dunia perancangan dan desain yang mengompilasi warisan budaya serta kearifan lokal tanpa meninggalkan tren global yang sedang diminati masyarakat dunia.

"Melalui serangkaian riset dan tinjauan berbagai literatur, buku ini dapat menjadi refrensi yang baik serta strategis bagi pertumbuhan industri kreatif di Tanah Air," papar Kepala Bekraf, Triawan Munaf saat launching buku ITF 2017-2018 di Ciputra World, Jakarta, Selasa (28/2/2017).

ITF mengulas pembagian sub tema tren yang melekat pada keempat subsektor tersebut, yakni Archean, Vigilant, Cryptic dan Digitarian. Melalui ulasan tersebut, kebutuhan akan informasi tren pun diharapkan bisa terjawab.

Oleh karena itu, Triawan pun berharap kehadiran buku yang bisa di download secara gratis di website Bekraf ini bisa menjadi solusi dari berbagai tantangan yang dihadapi dari setiap subsektor serta menjawab tantangan guna mewujudkan Indonesia sebagai pusat inspirasi tren dunia.

"Melalui ilustrasi yang dijelaskan dalam buku ITF, para pelaku usaha yang bergerak dalam empat subsektor tersebut mendapatkan gambaran seperti apa model yang akan digunakan dalam produk mereka, sehingga dapat membantu proses riset dan pengembangan yang menjadi tantangan dalam subsektor tersebut," kata dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0759 seconds (0.1#10.140)