6 Ritual Khusus yang Wajib Dilakukan Sebelum Tidur

Rabu, 01 Maret 2017 - 07:30 WIB
6 Ritual Khusus yang Wajib Dilakukan Sebelum Tidur
6 Ritual Khusus yang Wajib Dilakukan Sebelum Tidur
A A A
JAKARTA - Usai menjalani aktivitas setiap hari tak sedikit orang yang malas untuk mandi atau membersihkan wajah dan tubuh mereka sebelum pergi tidur. Hal seperti ini lah yang dapat menimbulkan berbagai penyakit terutama bagi kulit wajah.

Oleh karena itu penting bagi Anda khususnya para wanita untuk melakukan ‘ritual’ sebelum tidur. Dikutip dari Boldsky, berikut beberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum pergi tidur untuk menjaga kesehatan wajah dan tubuh Anda.

1. Mencuci wajah
Setelah melalui hari dan aktivitas yang sibuk serta menghadapi polusi setiap harinya, debu dan kotoran tentu akan menetap di kulit Anda dan menyebabkan pori-pori tersumbat. Penyumbatan pori-pori juga dapat menyebabkan berbagai masalah kulit lainnya. Oleh karena itu, cucilah wajah Anda sebelum tidur. Tidak harus selalu menggunakan sabun pencuci wajah, hanya dengan mencuci wajah dengan air biasa pun dapat membantu membersihkan kulit wajah Anda.

2. Menghapus make-up
Menghapus make-up sebelum tidur adalah suatu keharusan. Makeup sebagian besar terbuat dari berbagai bahan kimia dan zat-zat beracun, yang menjadi aktif pada kulit jika disimpan dalam jangka waktu lama. Jadi, lebih baik jika Anda selalu menghapus make-up sebelum tidur. Jika Anda tidak suka menggunakan make-up remover, Anda bisa menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun yang juga dapat membantu untuk menghapus make-up secara efisien.

3. Ikat rambut Anda

Janganlah tidur di malam hari dengan rambut terurai. Hal ini karena ketika Anda tidur di malam hari, rambut sebagian besar dapat mengiritasi kulit dan juga dapat menyebabkan infeksi atau masalah kulit lainnya. Selain itu, jika Anda menderita masalah ketombe, tidur dengan rambut terbuka dapat membuat ketombe menetap pada rambut yang pada gilirannya dapat menimbulkan jerawat pada kulit. Jadi, gunakanlah karet gelang lembut untuk mengikat rambut Anda di malam hari.

4. Menggunakan krim mata
Jika Anda menghabiskan cukup banyak waktu di depan laptop atau TV, maka lambat laun akan menyababkan mata Anda bengkak. Dengan mengaplikasikan krim mata di sekitar mata Anda dapat membantu untuk mengurangi bengkak dan juga lingkaran hitam.

5. Menggunakan pelembab wajah
Seperti pelembab wajah untuk pagi hari, pelembab wajah khusus malam hari juga dapat membantu untuk menghilangkan sel-sel mati, kotoran, dan polusi dari wajah serta dapat membuat kulit lebih bersinar ketika Anda bangun di pagi hari. Namun, sangat penting untuk memilih pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Pelembab pada umumnya mengandung berbagai vitamin dan protein yang membantu untuk mengembalikan tingkat pH kulit dan juga membantu dalam generasi sel.

6. Lakukan perawatan bibir
Tanpa disadari, bibir adalah salah satu bagian sensitif yang juga memerlukan pemeliharaan seperti bagian tubuh lainnya. Anda perlu mengaplikasikan lip balm atau minyak esensial sebelum Anda pergi tidur. Lip balm ataupun minyak esensial tersebut dapat membantu untuk mengembalikan hidrasi dan juga menyembuhkan bibir pecah-pecah.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6730 seconds (0.1#10.140)
pixels