2 Efek Samping Konsumsi Putih Telur

Kamis, 02 Maret 2017 - 08:19 WIB
2 Efek Samping Konsumsi Putih Telur
2 Efek Samping Konsumsi Putih Telur
A A A
JAKARTA - Sejumlah orang percaya mengonsumsi telur dalam jumlah banyak bisa menimbulkan penyakit bisul. Tentu saja ini menjadi salah satu masalah kulit yang menjengkelkan. Anggapan ini pun membuat sejumlah orang menghindari telur.

Namun tak hanya menyebab bisul, penelitian terbaru mengungkap bahwa konsumsi telur khususnya putih telur bisa menyebabkan berbagai macam efek samping. Berikut ulasannya seperti dilansir dari Live Strong.

1. Alergi
Alergi telur muncul pada mereka yang berusia muda dan terbentuk sebelum umur lima tahun. Umumnya kondisi ini muncul beberapa menit hingga beberapa jam setelah mengonsumsi telur dengan gejala seperti ruam atau bercak-bercak merah pada kulit, kram, diare, muntah, mata berair, bersin dan batuk. Selain itu, alergi telur juga bisa memicu asma yang terjadi kurang dari satu hari.

2. Keracunan
Putih telur mentah dikhawatirkan mengandung bakteri salmonella yang menimbulkan racun. Namun bakteri ini bisa disingkirkan melalui proses memasak dengan temperatur yang tinggi dan cukup lama. Selain telur mentah, telur setengah matang juga berisiko mengandung bakteri salmonella.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7179 seconds (0.1#10.140)