Awas! Kebanyakan Makan Junk Food Picu Food Coma

Jum'at, 03 Maret 2017 - 12:20 WIB
Awas! Kebanyakan Makan Junk Food Picu Food Coma
Awas! Kebanyakan Makan Junk Food Picu Food Coma
A A A
JAKARTA - Rasanya yang lezat dan cepat dalam penyajian membuat junk food kerap menjadi pilihan banyak orang untuk dikonsumsi, baik untuk sarapan, makan siang hingga makan malam. Sayangnya terlalu sering mengonsumsi junk food bisa memicu berbagai macam masalah kesehatan.

Salah satunya food coma. Dilansir. Dari Zeenews, sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa, makanan tinggi protein dan garam seperti burger dan kentang goreng menyebabkan rasa lelah dan mengantuk atau postprandial. Kondisi ini disebut juga dengan food coma.

Peneliti dari Bowling Green State University di Ohio dan Florida Scripps Research Institute menyatakan, bahwa karbohidrat tidak menimbulkan efek samping yang sama. Namun, penelitian lainnya menyatakan, makanan yang kaya akan karbohidrat menyebabkan seseorang mudah mengantuk.

Untuk membuktikan hal tersebut, peneliti menggunakan lalat untuk menyelidiki hubungan neurobiologis antara makan dan tidur. Hasil penelitian pun menunjukkan, gula tidak menyebabkan food coma. Bahkan, penelitian ini menemukan bahwa tidur membantu mencerna protein dan garam.

Rupanya, kondisi inilah yang terjadi pada tubuh ketika mengonsumsi junk food. Rasa kantuk yang ditimbulkan akibat tubuh ingin melakukan penyerapan protein dan garam.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3016 seconds (0.1#10.140)