Sepatu yang Baik untuk Kesehatan

Minggu, 12 Maret 2017 - 05:20 WIB
Sepatu yang Baik untuk Kesehatan
Sepatu yang Baik untuk Kesehatan
A A A
JAKARTA - High heels atau sepatu hak tinggi dipercaya bisa meningkatkan kepercayaan diri penggunanya. Meski harus menahan rasa sakit selama menggunakannya, high heels masih menjadi item fashion favorit banyak wanita. Namun, demi kesehatan para pakar menganjurkan untuk membatasi penggunaan high heels.

Dilansir dari Zeenews, American Osteopathy Association mengungkapkan, bahwa satu dari 10 wanita yang kerap menggunakan high heels menderita sakit dan bengkak pada bagian depan dan belakang kaki, tumit, lutut, pinggang serta tulang belakang. Selain itu, sepatu jenis ini membuat berat badan menjadi tidak seimbang pada bagian metatarsal (tulang kaki).

"High heels menyebabkan osteoarthritis dini. Penggunaan high heels juga dikaitkan dengan plantar fasciitis atau penyebab sakit pada tumit dan radang," papar konsultan bedah tulang belakang Wockhardt Hospital Mumbai, Abhay Nene.

Lantas berapa batasan tinggi heels yang baik untuk kesehatan? Nene menjelaskan, penggunaan heels paling tinggi satu inchi atau sekitar 2.5 cm dengan durasi yang tidak lama. Pasalnya, semakin lama menggunakan high heels, maka kaki akan semakin sakit.

"Heels sebaiknya hanya dipakai saat akan berjalan sebentar seperti dari mobil ke tempat pesta dan dari tempat pesta kembali ke mobil. Semakin lama memakai heels, semakin besar pula kemungkinan cedera pada kaki," jelasnya.

Nene menyarankan, menggunakan sepatu dengan bentuk yang fleksibel, ringan dan terbuat dari material yang lembut. Sementara untuk heels dengan tinggi 2.5 cm. Hal ini dipercaya membuat kaki tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam masalah kesehatan. "Sebaiknya seringlah berjalan telanjang kaki sesering mungkin," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7326 seconds (0.1#10.140)