6 Manfaat Biji Chia untuk Kesehatan Wajah dan Rambut Anda

Minggu, 19 Maret 2017 - 15:27 WIB
6 Manfaat Biji Chia untuk Kesehatan Wajah dan Rambut Anda
6 Manfaat Biji Chia untuk Kesehatan Wajah dan Rambut Anda
A A A
JAKARTA - Jika selama ini biji chia selalu dikaitkan dengan makanan sehat yang cocok untuk Anda yang sedang menjalani diet karena fungsinya yang dapat mengikat lemak, ternyata masih ada banyak manfaat lain dari biji chia yang mungkin belum Anda ketahui. Selain cocok untuk diet, biji chia pun ternyata menjadi solusi tepat bagi Anda yang mengalami beberapa masalah pada kulit wajah dan rambut Anda.

Dengan mengaplikasikan campuran biji chia pada wajah dan rambut, Anda akan mendapatkan wajah yang lebih sehat serta rambut yang kuat dan bercahaya. Dilansir Boldsky, berikut manfaat biji chia bagi kulit wajah dan rambut Anda.

1. Membantu menghilangkan jerawat
Sifat antibakteri dan anti-inflamasi dalam biji chia, hal ini membantu untuk menghilangkan. Menggunakan biji chia pada kulit dapat membantu untuk mengunci kelembaban di kulit, sehingga mencegah dan menghilangkan jerawat pada kulit. Ambil biji chia secukupnya kemudian haluskan dalam blender. Setelah itu, campurkan dengan yogurt dan aplikasikan dua kali dalam sehari pada wajah untuk menyingkirkan jerawat dan jerawat pada kulit.

2. Membuat kulit lebih sehat
Biji chia adalah satu di antara bahan-bahan terbaik yang dapat membantu untuk memberikan kulit yang sehat dan bercahaya. Minyak biji chia juga dapat digunakan sebagai pengganti yang sangat baik untuk serum wajah. Ambil beberapa tetes minyak biji chia dan aolikasikan pada wajah Anda sambil dipijat perlahan. Biarkan semalam dan cuci dengan air bersih di pagi hari.

3. Membantu mencerahkan kulit wajah
Dalam rutinitas perawatan kulit Anda, biji chia juga dapat membantu untuk meningkatkan produksi kolagen dalam kulit, sehingga membuat kulit lebih cerah dan bercahaya. Campurkan bubuk biji chia dengan lemon dan kemudian aplikasikan pada wajah sambil dipijat secara teratur.

4. Mencegah tanda penuaan
Kandungan antioksidan pada biji chia dapat membantu membalikkan tanda-tanda penuaan. Menurut penelitian, biji chia mengandung 30% antioksidan yang terbukti sangat baik pada kulit. Menggunakan biji chia pada wajah dapat membantu untuk mengobati garis-garis halus, kerutan pada kulit serta bintik-bintik hitam.

5. Meningkatkan pertumbuhan rambut dan membuatnya lebih berkilau

Chia mengandung jumlah copper dan zinc yang tinggi dan terbukti sangat penting untuk pertumbuhan rambut. Rambut kita terbuat dari protein yang disebut keratin, dan biji chia pun mengandung 23% dari protein ini. Konsumsi biji chia dapat membantu untuk mengembalikan sinar dan kekuatan rambut Anda. Anda perlu merendam beberapa biji chia dalam air dan biarkan semalaman. Kemudian giling chia dan air tersebut hingga menjadi seperti gel dan oleskan pada rambut. Setelah itu, gunakan shower cap, diamkan selama beberapa waktu dan cuci dengan air dingin.

6. Menenangkan kulit kepala

Karena kandungan antioksidan yang ada pada biji chia, ini tak hanya mampu memperkuat folikel rambut namun juga membantu untuk menenangkan kulit kepala. Menggunakan biji chia merupakan salah satu tips yang efektif yang dapat membantu untuk menenangkan kulit kepala yang teriritasi dan kering. Ambil biji chia secukupnya dan rendam dalam susu. Setelah itu, tambahkan ½ sendok bubuk almond dan tambahkan dua sendok air lemon. Aplikasikan pada kulit kepala Anda dan bilas dengan air.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3874 seconds (0.1#10.140)