Manfaat Konsumsi Pisang untuk Kesehatan

Jum'at, 31 Maret 2017 - 16:20 WIB
Manfaat Konsumsi Pisang untuk Kesehatan
Manfaat Konsumsi Pisang untuk Kesehatan
A A A
JAKARTA - Tak hanya lezat, pisang juga kaya akan manfaat yang baik untuk kesehatan. Salah satunya kaya akan vitamin C yang penting untuk melindungi tubuh dari radikal bebas hingga baik untuk tulang. Di mana satu buah pisang bisa memenuhi 15% kebutuhan vitamin C harian.

Selain vitamin C, pisang juga mengandung vitamin B6. Buah berwarna kuning ini bisa memenuhi 20% kebutuhan vitamin B6 harian yang mampu memproduksi sel-sel baik dalam tubuh, memproduksi insulin, hemoglobin dan antibodi untuk melawan infeksi. Berikut manfaat lain dari mengonsumsi pisang seperti dilansir dari Live Strong.

1. Baik untuk diet
Pisang dengan ukuran sedang memiliki 110 kalori, 30 gram karbohidrat dan 3 gram serat. Di mana kandungan tersebut bisa membuat Anda kenyang lebih lama sehingga baik untuk diet.

2. Baik untuk aktivitas atletik
Sebuah penelitian dari Human Performance Lab dari Appalachian State University menunjukkan bahwa mengonsumsi setengah potong pisang setiap 15 menit sebelum bersepeda bisa memberikan tenaga seperti mengonsumsi minuman energi. Pisang juga bisa menjadi bahan bakar yang baik untuk menjadi sumber energi bagi mereka yang memiliki pola hidup aktif. Pisang juga bisa memenuhi asupan antioksidan dan nutrisi lain yang tidak bisa didapat dari minuman berenergi.

3. Aroma pisang bisa untuk menahan lapar
Penelitian yang dilakukan di Smell and Taste Treatment and Research Foundation di Chicago menemukan, bahwa mencium aroma makanan tertentu, seperti pisang saat merasa lapar bisa membuat perintah pada otak seolah sudah makan atau kenyang. Cara ini pun bisa dilakukan jika Anda tengah menjalani program penurunan berat badan.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5446 seconds (0.1#10.140)