Kecap Manis Punya Peranan Penting bagi Masakan Indonesia

Jum'at, 07 April 2017 - 00:30 WIB
Kecap Manis Punya Peranan...
Kecap Manis Punya Peranan Penting bagi Masakan Indonesia
A A A
JAKARTA - Kecap merupakan saus khas Indonesia yang cukup digemari dan kerap kali digunakan sebagai bahan utama dari berbagai masakan. Menurut chef Degan Septoadji, kecap memang memiliki peranan penting terutama untuk kuliner Indonesia.

"Kecap itu punya peranan yang sangat penting terutama untuk kuliner Indonesia. Sekarang kita tahu hampir sebagian besar kuliner Indonesia itu menggunakan kecap," ujar dia kepada Sindonews belum lama ini.

Seperti semur, kuahnya pun memakai pakai kecap. Pada sate, kecap tak hanya menjadi saus tapi juga untuk olesan saat sate dibakar sehingga warnanya jadi bagus dan rasanya juga meresap. Selain itu, kecap juga digunakan pada nasi goreng, ayam bakar hingga bakso.

Chef Degan menambahkan bahwa kecap, terutama kecap manis memang nampaknya sudah menjadi identitas tersendiri untuk Indonesia. Tak hanya karena bahan-bahannya yang asli Nusantara, namun dari segi rasa pun berbeda dengan kecap lainnya.

"Karena memang kecap sendiri itu kan asli Indonesia, bahan-bahannya semua kan dari sini. Kecap itu kan ada macem-macem, tapi kecap manis itu udah melambangkan Indonesia, karena kecap kita rasanya khas," kata dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3258 seconds (0.1#10.140)