Ini Perbedaan Alergi Anak dan Dewasa

Sabtu, 08 April 2017 - 18:19 WIB
Ini Perbedaan Alergi Anak dan Dewasa
Ini Perbedaan Alergi Anak dan Dewasa
A A A
JAKARTA - Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mencatat peningkatan angka kejadian penyakit alergi pada anak, termasuk di Indonesia pada dua dekade terakhir. Tapi alergi tidak hanya terjadi pada anak-anak melainkan dewasa juga pun bisa mengalami alergi.

Konsultan Alergi dan Imunologi anak Prof Dr Budi Setiabudiawan mengatakan, terdapat perbedaan alergi yang dialami anak-anak dan dewasa. Mengingat alergi yang dimiliki dewasa tidak akan terjadi pada anak-anak.

"Alergi itu memang terjadi segala umur, dewasa pun juga pernah mengalami alergi. Tapi alergi yang dimiliki dewasa cukup berbeda," ujar Dr Budi kepada Sindonews di Jakarta.

Perbedaan yang mencolok yakni adalah jenis alergi yang dimiliki anak dan dewasa. Alergi anak cenderung pada di beberapa jenis makanan ataupun minuman. Namun, alergi dewasa itu lebih mencolok pada kondisi tubuh.

"Jadi anak-anak itu cenderung lebih alergi makanan kayak susu, sayuran maupun buah-buahan. Tapi kalau dewasa alerginya pada kondisi tubuh seperti alergi debu, alergi cuaca dingin yang mana alergi itu tidak akan terjadi pada anak-anak," katanya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7256 seconds (0.1#10.140)