Yuk, Buat Ramen Korea ala Rumahan

Minggu, 07 Mei 2017 - 06:04 WIB
Yuk, Buat Ramen Korea ala Rumahan
Yuk, Buat Ramen Korea ala Rumahan
A A A
JAKARTA - Mi ramen khas Korea sedikit berbeda dengan ramen Jepang. Ramen atau Ramyeon Korea dapat pula berarti mi instan yang dijual kemasan. Ramyeon dimasak dengan kuah yang sangat pedas dan biasanya ditambah sayuran, daging, atau kimchi.

Menariknya, ramen Korea ini bisa dibuat di rumah. Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Sindonews, berikut cara membuat Ramen Korea ala rumahan:

Bahan Kuah Ramyeon
1 sdm minyak sayur
1 batang daun bawang
2 siung bawang putih
1 sendok teh tepung kanji yang sudah larutkan dengan sedikit air
150 gram daging ayam
600 ml kaldu ayam/air
1 sendok makan kecap asin
1 sendok makan miso kuning
50 gram mentimun
1/2 sendok teh cabai merah bubuk
1/2 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh garam
50 gram paprika merah

Bahan dan Bumbu :
Siapkan panci yang sudah diisi dengan air secukupnya. Biarkan air mendidih, masukan ramen, rebus sampai lunak, tiriskan.

Iris halus daun bawang, cincang halus bawang putih, kemudian iris paprika merah dan mentimun kecil-kecil dengan bentuk memanjang. Bersihkan daging ayam, cincang sampai halus.

Cara Membuat :
Panaskan wajan yang sudah diberi minyak goreng secukupnya. Tunggu sampai minyak goreng panas. Masukan bawang putih dan daun bawang, tumis keduanya sampai matang.

Masukan daging ayam yang sudah dicincang dan tumis sampai matang atau warna keemasan. Tambahkan sedikit kaldu, aduk rata, lalu didihkan.

Masukan irisan paprika dan mentimun, aduk-aduk sampai keduanya masak. Tuangkan larutan tepung kanji, aduk rata sampai mengental dengan mencampurkan ramen, angkat. Ramen Korea siap dihidangkan.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5719 seconds (0.1#10.140)