Meski Lezat, Gorengan Tak Sehat Dikonsumsi Saat Buka Puasa

Senin, 29 Mei 2017 - 15:18 WIB
Meski Lezat, Gorengan Tak Sehat Dikonsumsi Saat Buka Puasa
Meski Lezat, Gorengan Tak Sehat Dikonsumsi Saat Buka Puasa
A A A
JAKARTA - Gorengan menjadi salah satu makanan yang kerap dikonsumsi banyak orang saat berbuka puasa. Makanan ini dinilai memiliki rasa yang lezat, apalagi jika dikonsumsi bersamaan dengan bumbu kacang yang pedas.

Sayangnya??<, gorengan tidak dianjurkan dikonsumsi saat berbulan puasa. Ahli gizi klinik, dr. Fiastuti Witjaksono, M.S SpGK menjelaskan, gorengan bisa memicu efek samping pada saluran tenggorokan dan pencernaan serta tinggi lemak yang tidak baik untuk kesehatan.

"Makanan yang tinggi lemak mudah membuat batuk dan memperlambat pengosongan lambung. Lemak akan merangsang tenggorokan dan membuatnya gatal sehingga mudah terserang batuk. Adanya lemak, lambung akan cepat terisi tapi lama dicernanya. Jadinya kita ngerasa gampang kenyang dan nggak cepet laper padahal baru makan sedikit," papar dr Friastuti.

Oleh karena itu, makanan ini tidak dianjurkan dikonsumsi saat berbuka puasa. Apalagi setelah berpuasa selama 14 jam dan lambung kosong, tubuh membutuhkan nutrisi yang cukup. Akibatnya, tubuh merasa kenyang dan penyerapan nutrisi menjadi lambat lantaran nutrisi yang masuk hanya sedikit.

"Perut perlu persiapan untuk bisa menerima makanan dalam keadaan tenang dan tidak terburu-buru. Berbuka sebaiknya dengan yang manis untuk mengganti glukosa darah, makanlah sesuai porsi tubuh dan lengkap gizinya tanpa ada yang dikurangi atau dilebihkan. Prinsipnya hanya menggeser waktu makan saja, jadi tidak ada yang berubah, yang penting seimbang," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6343 seconds (0.1#10.140)