Bola-bola Ayam Sayur untuk Menu Puasa

Kamis, 01 Juni 2017 - 06:01 WIB
Bola-bola Ayam Sayur untuk Menu Puasa
Bola-bola Ayam Sayur untuk Menu Puasa
A A A
JAKARTA - Bosan dengan olahan ayam, seperti sup ayam atau ayam goreng, di Ramadan ini Anda bisa mencoba menu inovasi Bola-bola Ayam Sayur.

Bahan yang digunakan tidak sulit didapat, demikian dengan teknik memasaknya yang cukup praktis. Resep ini dihadirkan nutrisionis Rita Ramayulis DCN M Kes.

"Menu juga sehat karena tanpa menggunakan minyak dan seimbang antara komposisi sayur dan proteinnya dari ayam," kata Rita.

Bahan yang digunakan, 150 gram dada ayam cincang tanpa kulit, 1 wortel rebus yang dipotong dadu, 100 gram tepung terigu, 1 butir ayam, 150 gram tepung roti dan irisan bawang bombai secukupnya, serta sedikit merica dan garam.

Dalam wadah besar, taruh cincangan daging ayam, wortel, daun bawang, bumbu merica bubuk dan sedikit garam lalu uleni adonan dan bentuk menjadi bola-bola.

Masukan bola-bola ayam ke dalam tepung terigu kering. Lalu lumuri bola-bola dengan telur yang telah dikocok.

Selanjutnya balut bola-bola ayam dengan tepung roti. Bola-bola ayam tadi digoreng. Kemudian masak selama 15 menit dengan suhu 200 derajat celsius dengan pembalikan bola bola ayam pada saat memasak agar lebih rata matangnya.

Bola bola ayam pun siap disajikan dengan hasil renyah di luar dan matang di dalam namun tak berminyak.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6703 seconds (0.1#10.140)