Tips Merawat Kulit Wajah Selama Bulan Puasa

Selasa, 06 Juni 2017 - 12:50 WIB
Tips Merawat Kulit Wajah Selama Bulan Puasa
Tips Merawat Kulit Wajah Selama Bulan Puasa
A A A
JAKARTA - Mengalami kulit kering, kemerahan dan masalah lainnya tentu kerap terjadi pada sebagian besar wanita khususnya pada saat bulan puasa dan di musim panas seperti sekarang ini.

Oleh karena itu, selain mendalami pengetahuan Anda tentang ajaran agama, merawat kulit saat berpuasa juga penting untuk dilakukan agar kulit wajah Anda tetap sehat dan cantik meski terpapar sinar matahari dan tidak mengonsumsi air maupun makanan selama beberapa jam. Dikutip dari English.Alarabiya, berikut hal-hal yang wajib Anda lakukan untuk merawat kulit Anda.

1. Tetap terhidrasi
Minum air yang cukup tentu bermanfaat bagi kulit Anda. Minumlah setidaknya delapan gelas antara waktu berbuka dan sahur. Hindari minum minuman berkarbonasi atau minuman beralkohol seperti soda dan jus serta kafein karena akan membuat Anda dehidrasi. Jika Anda tidak menyukai air biasa, Anda membuat infused water dengan memadukan air dengan lemon, mentimun mint, jeruk, jahe, stroberi, blueberry, mint, raspberry dan yang lainnya. infused water dapat meningkatkan sistem imun, membuang racun dan menjaga Anda agar tetap terhidrasi.

2. Jangan terlalu sering mencuci wajah
Selama Ramadan, kemungkinan kulit Anda akan mengalami dehidrasi karena berpuasa. Hal ini bisa memburuk dengan mencuci muka terlalu sering. Jika Anda perlu mendinginkan kulit Anda, gunakan semprotan wajah (facial spray) sebagai gantinya. Simpan di lemari es terlebih dahulu untuk mendapatkan kesejukan ekstra.

3. Sunblock
Selama bulan Ramadan dan di musim panas seperti sekarang, sangat penting untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari yang kuat. Oleskan sunblock yang mengandung setidaknya SPF 30 dan aplikasikan kembali jika Anda telah berada di luar ruangan selama lebih dari tiga jam. Sunblock memberikan perlindungan penuh tanpa menyumbat pori-pori.

4. Makan makanan yang membuat kulit Anda bersinar
Jika Anda menginginkan kulit berseri dan sehat saat puasa, perbanyak asupan antioksidan Anda saatberbuka puasa dan sahur. Konsumsilah makanan yang kaya akan serat dan antioksidan, seperti buah beri, almond, coklat dan buah delima. Ragam jenis buah beri adalah sumber vitamin dan mineral yang dibutuhkan kulit Anda setelah seharian berpuasa.

5. Rawat kulit Anda
Gunakan masker selama sekali atau dua kali dalam seminggu. Selain itu, pastikan agar kulit Anda mengelupas secara teratur. Hal ini dapat membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat dan kulit Anda akan terasa lebih halus dan terlihat lebih bercahaya. Jangan lupa bilas wajah Anda dengan air dingin setelah pengelupasan karena dapat membantu untuk menutup pori-pori.

6. Melembabkan
Setelah rutinitas perawatan kulit sehari-hari, penting untuk melembabkan kulit Anda. Gunakan pelembab yang menghidrasi kulit Anda. Bagi mereka yang memiliki kulit kering, gunakan krim atau minyak pelembab kulit. Jika Anda memiliki kulit berminyak, gunakan pelembab berbasis gel yang tinggi hidrasi.

7. Suplemen
Setelah mengikuti semua langkah diatas, akan terasa lengkap jika Anda juga mengonsumsi suplemen kulit yang mengandung vitamin dan antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Suplemen yang direkomendasikan untuk kulit sehat adalah yang mengandung vitamin C, E dan A, serta selenium dan zinc. Minumlah suplemen sesuai dengan dosis yang dianjurkan saat berbuka puasa dan sahur.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5039 seconds (0.1#10.140)