Jangan Langsung Pakai, Baju Baru Lebaran Harus Dicuci Dulu

Rabu, 21 Juni 2017 - 13:20 WIB
Jangan Langsung Pakai, Baju Baru Lebaran Harus Dicuci Dulu
Jangan Langsung Pakai, Baju Baru Lebaran Harus Dicuci Dulu
A A A
JAKARTA - Menggunakan baju baru saat Hari Raya Idul Fitri seakan sudah menjadi tradisi yang tidak boleh dilewatkan. Namun, sebelum menggunakannya pastikan Anda mencucinya terlebih dahulu agar terhindar dari masalah kesehatan.

Dilansir dari Today, meski tergantung di toko atau butik, namun pakaian baru berpotensi mengandung serangga kasat mata yang bisa menyebabkan gatal hingga ruam pada kulit. Dermatolog di Colombia University Medical Center, Donald Belsito mengatakan hampir 90% pakaian yang dijual di pasaran tidak bersih.

Penelitian yang dimuat dalam The Wall Street Journal ini menemukan, bahwa bahan baku pembuat pakaian seperti pewarna dan resin formaldehida bisa menyebabkan iritasi kulit hingga memicu reaksi alergi.

"Saya menemukan beberapa kasus menempelnya kutu yang terbang atau hinggap dari luar toko. Dan selama dipajang, memungkinkan kutu tersebut berkembang biak," papar Belsito.

Tak hanya pakaian, penelitian ini juga menemukan bahwa kamar pas atau ruang ganti pada toko juga bisa menjadi salah satu penyebab penularan penyakit kulit. Kondisi ini diperparah dengan pengiriman pakaian dari tempat produksi ke toko yang tidak diketahui bagaimana prosesnya.

"Bisa saja jamur pernah menempel pada baju tersebut. Lebih baik cuci terlebih dahulu baju baru yang akan Anda gunakan. Cuci dua kali juga lebih disarankan," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7377 seconds (0.1#10.140)