Samosa Bayam Keju Menu Pilihan Usai Lebaran

Rabu, 28 Juni 2017 - 16:32 WIB
Samosa Bayam Keju Menu Pilihan Usai Lebaran
Samosa Bayam Keju Menu Pilihan Usai Lebaran
A A A
JAKARTA - Setelah dipenuhi dengan berbagai hidangan utama yang mayoritas mengandung santan, Anda bisa menyajikan kudapan yang sedikit lebih ‘ringan’ dengan perpaduan sayur-sayuran.

Salah satunya Anda bisa membuat Samosa Bayam Keju, resep dari BBC. Kudapan ini memadukan bayam dan keju. Hasilnya memiliki rasa yang kaya dan tekstur yang ringan sehingga cocok disantap sambil bercengkrama dengan keluarga dan saudara tercinta di momen Idul Fitri.

Cara membuatnya pun mudah. Yuk, intip mengolah kuliner Samosa Bayam Keju;

Bahan-bahan:
375 gram tepung terigu
150 gram tepung self-rising
125 gram mentega
Minyak sayur secukupnya, untuk menggoreng

Bahan isian:
2 sdm minyak sayur
2 siung bawang merah, cincang halus
Bubuk kari secukupnya
500 gram bayam
1 bh cabe hijau, cincang halus (opsional)
Keju secukupnya (gunakan jenis keju sesuai selera)
Garam secukupnya

Cara membuat:
Untuk kulitnya, campurkan tepung terigu, tepung self-rising dan mentega. Tambahkan percikan air hangat dan uleni dengan baik hingga menghasilkan adonan yang elastis.
Bentuk adonan menjadi bola kecil dan gulung masing-masing hingga membentuk bola-bola. Potong masing-masing menjadi dua bagian, setelah itu tutup dengan kain bersih, sisihkan.

Untuk isian, panaskan sedikit minyak goreng dalam wajan diatas api sedang. Tambahkan bawang merah dan bubuk kari, tumis hingga bawang layu dan berwarna coklat keemasan. Tambahkan bayam dan cabai, kemudian bumbui dengan garam. Kecilkan api, masak sebentar hingga bayam layu. Matikan api, tambahkan keju, aduk rata.

Tambahkan satu sendok teh isian ke bagian tengah adonan yang telah dipipihkan, kemudian lipat menjadi segitiga. Ulangi hingga seluruh adonan dan isian habis.
Selanjutnya, panaskan cukup banyak minyak dalam wajan, goreng samosa secara bertahap selama 4-5 menit atau sampai berwarna coklat keemasan dan garing di kedua sisinya. Angkat dan tiriskan minyak, kemudian sajikan samosa selagi hangat.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7650 seconds (0.1#10.140)