2 Alasan Menstruasi Buat Wanita Sering Buang Angin

Senin, 07 Agustus 2017 - 23:12 WIB
2 Alasan Menstruasi Buat Wanita Sering Buang Angin
2 Alasan Menstruasi Buat Wanita Sering Buang Angin
A A A
JAKARTA - Beragam keluhan dialami wanita setiap bulannya saat menstruasi, mulai gangguan mood, nyeri hingga lebih sering buang angin atau kentut. Kendati demikian, masalah tersebut merupakan hal wajar dan normal.

Dokter spesialis kebidanan dan kandungan Jennifer Ashton mengatakan meningkatnya frekuensi kentut saat menstruasi merupakan hal yang normal. Hal ini pun disebabkan oleh beberapa hal.

Seperti halnya perubahan hormon dan anatomi tubuh saat menstruasi. Berikut ulasannya seperti dilansir Womens Health.

1. Perubahan hormon
Pergeseran hormon antara estrogen dan progesteron saat menstruasi menyebabkan beberapa perubahan, mulai mempengaruhi emosi dan saluran pencernaan.

"Saluran pencernaan memiliki reseptor untuk progesteron yang dapat menyebabkan relaksasi usus atau kejang usus, tergantung pada tingkatannya. Hal ini membuat perut menjadi kembung dan memicu kentut," kata Ketua American Sexsual Health Association Susan Wysocki.

2. Penjelasan anatomis
"Saat menstruasi, rahim tepat berada di depan rahim. Para ahli menilai kondisi ini memicu kontak langsung dengan kontraksi uterus mikroskopis. Akibatnya usus besar terpacu lebih aktif dan lebih sering kentut," beber Ashton.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6937 seconds (0.1#10.140)