Diet Paleo, Diet Ala Manusia Purba yang Sehat

Rabu, 09 Agustus 2017 - 12:20 WIB
Diet Paleo, Diet Ala Manusia Purba yang Sehat
Diet Paleo, Diet Ala Manusia Purba yang Sehat
A A A
JAKARTA - Meski terdengar tak lazim, nyatanya gaya hidup zaman purba kini tengah digandrungi oleh banyak masyarakat modern lewat metode diet paleo. Sesuai namanya, diet ini menerapkan pola makan dan hidup layaknya manusia pada zaman Paleotikum. Konsep dasar diet ini adalah mengonsumsi makanan yang hanya bisa didapat dari hasil berburu atau bercocok tanam.

Anda hanya perlu mengonsumsi makanan layaknya manusia purba yang masih sangat alami. Tidak ada pengawet, pewarna, atau makanan olahan. Semua makanan yang dikonsumsi haruslah murni lantaran tubuh manusia saat ini semakin rentan terkena berbagai penyakit akibat konsumsi makanan yang tidak sehat. Karena itu, pola makan ini dinilai lebih menyehatkan karena serba alami.

Berikut ulasannya seperti dikutip dari Sociolla.

1. Tinggi protein
Daging sapi, ayam, telur, makanan laut dan protein nabati seperti kacang-kacangan merupakan makanan yang perlu Anda konsumsi secara rutin saat menjalani diet ini. Anda disarankan untuk mengonsumsi sumber protein organik seperti daging sapi yang berasal dari peternakan dengan rumput organik. Diet ini juga melarang konsumsi sumber protein dairy seperti susu atau keju.

2. Bahan alami
Kunci utama dari diet paleo hanya menyantap bahan-bahan makanan yang sifatnya alami dan organik. Seperti mengonsumsi kacang atau sayuran yang langsung dipetik dari tanah. Anda harus menyingkirkan semua produk olahan seperti makanan kalengan, makanan beku, daging olahan (sosis, nugget, ham) hingga bumbu penyedap seperti garam dan gula.

3. Kurangi gula dan karbohidrat
Sumber gula dan karbohidrat dari padi-padian, gandum atau biji-bijian tidak boleh dikonsumsi. Namun, beberapa pengikut diet ini mengatakan kentang bisa menjadi sumber karbohidrat meski tidak disarankan. Sementara untuk sumber gula, bisa didapat dengan air kelapa atau madu.

4. Perbanyak konsumsi buah dan sayur
Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi lainnya, Anda disarankan mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin dan mineral. Sama halnya dengan daging, buah atau sayur yang Anda konsumsi pun harus yang organik atau bebas dari pestisida.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6181 seconds (0.1#10.140)