Asyiknya Mencebur di Kolam Penuh Hiu di Pulau Karimunjawa

Kamis, 10 Agustus 2017 - 20:41 WIB
Asyiknya Mencebur di Kolam Penuh Hiu di Pulau Karimunjawa
Asyiknya Mencebur di Kolam Penuh Hiu di Pulau Karimunjawa
A A A
KARIMUNJAWA - Pesona Pulau Karimunjawa menjadi salah satu destinasi andalan wisata Jawa Tengah. Di pulau yang berlokasi di kabupaten Jepara ini menyuguhkan beragam jenis ikan laut dan terumbu karang hingga pantai dengan butiran pasir putih yang eksotis.

Namun jika sudah menginjakkan kaki di pulau ini, cobalah singgah di Pulau Menjangan Besar. Di pulau seluas 56 hektare ini terdapat dua kolam penangkaran dengan puluhan hiu. Dari Pulau Karimunjawa, Anda butuh waktu sekitar 10 menit untuk tiba di Pulau Menjangan Besar ini.

Di pulau tersebut, wisatawan bisa menguji andrenalin dengan ke dalam kolam yang dikelilingi ikan hiu. Dari pengamatan SINDOnews.com di lokasi penangkaran hiu, Rabu (9/8/2017), tampak puluhan hiu daru ukuran kecil hingga besar. Terlihat sekelompok Blacktip Reef Shark (hiu sirip hitam) yang menghuni salah satu kolam merupakan favorit bagi wisatawan karena ukurannya yang tidak terlalu besar.

"Rata-rata hiu dewasa memiliki panjang berkisar 1,6 meter," ujar salah seorang penjaga penangkaran hiu.

Menurut dia, Blacktip Reef Shark dikenal menyukai perairan dangkal berpasir. Terkadang hiu tersebut juga masuk ke perairan payau dan juga sungai air tawar.

"Meski merupakan predator aktif yang memangsa ikan-ikan kecil, lobster, kepiting, udang, cumi-cumi, ular laut hingga burung, jenis hiu ini cenderung jarang membahayakan manusia," kata dia.

Sementara, sejumlah wisatawan mengaku sangat tertarik untuk 'nyebur' ke dalam kolam hiu. Mereka tampak begitu menikmati ketika berada di pinggir ataupun tengah kolam yang dikelilingi sekumpulan hiu.

"Wah asyik juga ternyata. Awalnya saya sempat ragu dan takut mau nyebur ke dalam kolam. Tapi setelah nyebur ternyata menakjubkan bisa merasakan dikelilingi hiu. Ini jadi pengalaman pertama bagi saya," tutur Ida Laila, wisatawan asal Semarang.

Untuk menarik perhatian hiu agar mengelilingi pengunjung yang berendam di dalam kolam, petugas penangkaran melemparkan ataupun menggunakan pancing dengan potongan ikan segar "Tenang saja, mereka (hiu) telah jinak dan tidak menyerang manusia. Di kolam penangkaran ini bisa berenang bersama hiu yang punya badan besar, bentuk sirip yang khas, dan jumlahnya banyak," kata pemandu wisata, Athanosius Adi.

Selain hiu, Pulau Menjangan Besar juga memiliki kolam penangkaran penyu dengan puluhan tukik atau anak penyu yang kemudian dilepas di lautan bebas. Penangkaran tersebut sebagai satu diantara sedikit tempat yang menjadi habitat dari satwa langka penyu sisik dan penyu hijau.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6365 seconds (0.1#10.140)