Olahraga Bagi Perempuan Hamil

Jum'at, 11 Agustus 2017 - 13:50 WIB
Olahraga Bagi Perempuan Hamil
Olahraga Bagi Perempuan Hamil
A A A
JAKARTA - Kondisi hamil, tidak lantas menjadi alasan bagi kaum perempuan untuk malas-malasan berolahraga. Meskipun tidak seperti umumnya berolahraga, namun ada beberapa olahraga yang tetap bisa dilakukan oleh perempuan hamil.

Seorang pakar kebugaran Australia, Sam Wood, memberi tips berolahraga bagi perempuan yang sedang mengandung. Selain tingkat intensitasnya yang lebih rendah, olahraga bagi perempuan hamil ini pun bisa dilakukan di rumah.

Berikut beberapa olah raga yang bisa dilakukan oleh perempuan hamil, menurut Wood, dilansir lifestyle.com.

1. Couch squats
Untuk melakukan olah raga ini, terlebih dahulu Anda harus menyiapkan sofa, di belakang Anda. Lalu Anda memulai olah raga dengan cara berdiri di depannya, sambil meregangkan lengan ke depan. Begitu juga, kaki Anda harus diregangngkan. Setelah itu, dorong pantat Anda sampai menyentuh sofa yang ada di belakang Anda. Ini bisa dilakukan beberapa kali, berulang-ulang.

2. Four point kneel with Alternating Arm and Leg Extensions
Pastikan punggung tetap lurus dan kuat untuk menahan beban ekstra saat tubuh Anda berubah. Pada saat yang sama, regangkan lengan Anda ke depan, serta kaki terangkat ke belakang. Di sisi lain, tangan dan kaki yang lainnya tetap menahan beban Anda. Posisi ini hampir mirip dengan saat Anda main kuda-kudaan dengan si kecil. Namun, satu kaki dan lengan, masing-masing diangkat.

3. Towel Partner Resistance Exercises
Mulailah dengan posisi duduk. Dengan menggunakan pegangan tangan, ambil bagian ujung handuk. Pasangan Anda akan meraih ujung yang lain dan memberikan perlawanan. Jangan mengangkat bahu, menjaga siku dan membawa pergelangan tangan Anda di dekat tulang rusuk Anda.

Kemudian coba trisep ekstensi resistan. Dalam posisi berlutut, ambil ujung handuk lagi. Jauhkan siku di dekat telinga dan turunkan lengan bawah punggung Anda. Dorong badan ke arah teman Anda dengan tetap memegang ujung handuk itu.

4. Bicep Resistance Curl
Dengan masih menggunakan handuk sebagai alat bantu, Anda membelakangi parter Anda dengan posisi setengah berdiri (bertumpu pada lutut yang dilipat ke balakang). Tangan Anda direntangkan ke atas, sambil memegang ujung handuk. Di belakang Anda, parter Anda memegang bagian lainnya dari handuk. Dengan posisi memegang ujung handuk, rekan Anda akan mencoba untuk menarik, guna memberi beban pada tangan Anda.

5. Alternating Luges
Dengan psosisi setengah berdiri, letakkan kedua lengan Anda di pinggul. Sementara salah satu kaki Anda, lipat ke arah depan dan kaki satunya biarkan menjuntai ke belakang. Namun perlu diingat, dalam melakukan gerakan ini, lagi-lagi Anda tidak perlu memaksakan diri untuk melakukannya dengan intensitas yang tinggi. Menjaga tetap bergerak, menjadi tujuan dari olah raga ini. Tahapan ini juga sekaligus tahapan terakhir. "Sebelun memulai progran olahraga apapun, berkonsultasilah dengan dokter Anda," jelas Wood.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5558 seconds (0.1#10.140)