Yuk, Buat Camilan Sehat Lumpia Soun Siang Ini

Sabtu, 16 September 2017 - 12:26 WIB
Yuk, Buat Camilan Sehat...
Yuk, Buat Camilan Sehat Lumpia Soun Siang Ini
A A A
JAKARTA - Pemilihan camilan yang baik untuk kesehatan serta perkembangan gigi anak dan keluarga memang harus tepat. Salah satunya dengan memilih, mengolah, dan menyajikan camilan yang memiliki tekstur tepat dan kandungan gizi seimbang untuk kesehatan gigi dan mulut.

Lumpia Soun misalnya. Menu yang satu ini menjadi camilan bergizi yang baik untuk kesehatan gigi anak. Dalam keterangan resmi yang diterima SINDOnews, berikut cara membuat Lumpia Soun untuk 10 porsi :

Bahan:
150 gr soun rebus (pengganti rebung)
10 lembar kulit lumpia
3 sdm kecap asin
3 sdm kecap manis
3 sdm gula pasir
15 buah jamur kancing segar iris dadu kecil
2 buah wortel iris dadu kecil
1 buah bawang bombay iris dadu kecil
1 sdt garam
1 sdt lada bubuk
1 sdt kaldu ayam bubuk
500 gr daging ayam cincang
150 gr udang kupas cincang
3 butir telur ayam kocok lepas

Cara membuat :
Panaskan minyak sayur secukupnya di wajan yang agak besar. Masukkan irisan bombay sampai layu, kemudian masukkan irisan jamur dan wortel sampai berubah warna. Masukkan kocokan telur, aduk sampai hancur.

Tambahkan daging ayam cincang sambil diaduk dengan api sedang sampai daging berubah warna, masukkan garam dan lada. Tumis sekitar 5 menit.

Kecilkan api, masukkan soun, kecap asin, kecap manis, dan gula pasir. Aduk sampai merata, tambahkan sedikit air untuk menjaga kelembaban, aduk dan tutup sebentar wajan (sekitar 5-8menit). Masukkan udang cincang. Aduk lagi sampai merata dan udang terlihat matang. Angkat dan diamkan.

Siapkan kulit lumpia dalam lembaran, masukkan isian di atas lembaran kulit lumpia. Lipat seperti gulungan, rekatkan dengan larutan tepung tapioka yang dicampur air dingin dan panaskan sebentar hingga sedikit mengental.

Panaskan minyak goring, masukkan lumpia sampai berubah warna menjadi kuning keemasan, angkat, tiriskan. Sajikan dengan pelengkap sperti batang daun bawang merah yang kecil, acar timun, cabai rawit hijau.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1080 seconds (0.1#10.140)