Mana yang Tepat, Liquid Foundation atau Powder Foundation?

Senin, 25 September 2017 - 18:15 WIB
Mana yang Tepat, Liquid Foundation atau Powder Foundation?
Mana yang Tepat, Liquid Foundation atau Powder Foundation?
A A A
JAKARTA - Liquid foundation dan powder foundation kerap digunakan para wanita untuk menyempurnakan riasan wajah. Dari jenis keduanya, foundation tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, sebelum menggunakan foundation, sebaiknya kenali perbedaan antara dua jenis foundation ini.

Berikut beberapa perbedaan liquid foundation dan powder foundation agar Anda menemukan jenis foundation yang tepat seperti dikutip dari Sociolla.

1. Liquid foundation
Liquid foundation atau foundation cair lebih tepat digunakan pada jenis kulit yang cenderung kering. Karena berupa cairan dan lebih umum ditemukan dengan tambahan kandungan yang melembapkan, jenis foundation ini bisa mencegah kulit kering menjadi semakin kering.

Jika kulit Anda cenderung tidak rata (mungkin karena ada bekas jerawat yang dalam) atau memiliki kerut halus di beberapa tempat, liquid foundation lebih cocok untuk Anda gunakan. Cairannya akan mengisi lekuk di kulit dan dengan formula yang tepat, hasilnya tidak akan cakey atau retak-retak. Dibandingkan powder foundation, liquid foundation lebih mampu menjadikan kulit tampak halus dan tidak menonjolkannya tekstur yang tak rata tersebut.

Meski pemilik kulit kering akan sangat terbantu dengan jenis foundation ini, Anda yang punya kulit berminyak tentu boleh menggunakan jenis foundation yang sama. Selain melihat kecocokan terhadap jenis kulit dan kondisi tekstur kulit, lihat juga bahan dasarnya. Kini, liquid foundation ada yang dirancang untuk kulit kering dan kulit berminyak serta kulit yang rentan berjerawat. Jika Anda memiliki kulit berminyak, sebaiknya pilih foundation yang berbahan dasar air. Ini untuk mencegah kulit yang semakin berminyak. Pilih juga yang akan memberikan hasil akhir matte.

2. Powder foundation
Jenis foundation ini lebih cocok untuk Anda yang memiliki kulit berminyak. Karena berbentuk bubuk, minyak di wajah akan lebih terserap baik. Jenis foundation ini juga cenderung tak berisiko menyumbat pori jika dibandingkan dengan liquid foundation. Jenis foundation cair kadang terlalu kental dan jika tak dibaurkan dengan baik atau digunakan terlalu tebal, hasilnya bisa membuat kulit break out.

Untuk masalah kenyamanan pada kulit, Anda bisa mengandalkan jenis foundation ini. Partikel powder foundation memberikan kesan halus dan akan terasa ringan di kulit. Powder foundation juga ada yang dikemas dalam fungsi ganda, yaitu bisa digunakan saat kering atau dengan spons basah. Varian ini biasa disebut two way cake dan teksturnya saat basah cenderung mirip seperti cream foundation. Untuk hasilnya, powder foundation akan membuat wajah terlihat lebih natural.

Selain jenis kulit dan melihat kenyamanan pada kulit, Anda juga bisa mempertimbangkan cuaca dan karakter kulit ketika memilih foundation. Jika cuaca terik-atau mudah berkeringat, pilih powder foundation. Keringat yang bercampur minyak dan make up akan membuat pori-pori Anda mudah tersumbat, apalagi jika Anda menggunakan liquid foundation.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4501 seconds (0.1#10.140)