Sothebys Lelang Gaun Hitam Berusia 90 Tahun

Kamis, 28 September 2017 - 04:06 WIB
Sothebys Lelang Gaun Hitam Berusia 90 Tahun
Sothebys Lelang Gaun Hitam Berusia 90 Tahun
A A A
JAKARTA - Sotheby’s akan melelang beberapa gaun hitam yang sudah berusia puluhan tahun hingga 90 tahun. Setidaknya ada 140 lot dari koleksi Didier Ludot, termasuk gaun yang dibuat rumah mode besar dan sepatu Christian Dior oleh Roger Vivier.

“Sejarah gaun hitam memiliki sejarah mode itu sendiri, karena ini adalah pakaian yang telah disesuaikan dengan sejumlah perubahan sosiopolitik,” kata kolektor busana Didier Ludot, menjelang pelelangan 1921-2010 Les Petites Robes Noires di Sotheby’s pada 3 Oktober mendatang.

Untuk penjualan di rumah pelelangan, kolektor yang berbasis di Paris ini menarik 140 gaun hitam dari koleksi pribadinya dari berbagai perancang selain Roger Vivier, seperti Mariano Fortuny, Yves Saint Laurent, Jeanne Lanvin, Paco Rabanne, dan Helmut Lang.

“Saya berada dalam satu titik dalam hidup saya di mana saya memikirkan transmisi. Inilah barang-barang yang saya punya untuk waktu yang lama, jadi saya ingin mereka berada di tangan yang baik, “ lanjutnya dilansir dari WWD.

Di antara barang-barang yang akan dilelang adalah gaun koktail musim gugur 1956 oleh Hubert de Givenchy, yang oleh Ludot disebut sebagai lambang genre. Ada pula sebuah gaun Jean Patou Nuit de ChineNuit de Chine tahun 1925, yang sebelumnya diperlihatkan di pameran China: Through the Looking Glass Museum Metropolitan tahun 2015.

Lalu, gaun Chanel yang dirancang oleh Karl Lagerfeld pada tahun 1985, dengan serangkaian rantai emas, dan juga selusin sepatu Christian Dior yang dirancang oleh Roger Vivier, yang pernah disumbangkan kepadanya.

“Saya berharap wanita akan memikirkan gaun hitam ‘kecil’ itu sebagai baju besi. Dengan satu, mereka akan selalu sempurna, apakah mereka berumur 17 atau 70 tahun,” katanya.

Menjelang penjualan, koleksi akan dipajang di depan umum, di samping pilihan perhiasan kostum Christian Dior, dari 29 September sampai 2 Oktober di lokasi pelelangan Faubourg Saint Honore.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3361 seconds (0.1#10.140)