Yuk, Buat Sushi Sederhana di Rumah

Jum'at, 29 September 2017 - 09:27 WIB
Yuk, Buat Sushi Sederhana...
Yuk, Buat Sushi Sederhana di Rumah
A A A
JAKARTA - Sushi menjadi salah satu makanan yang disukai masyarakat Indonesia belakangan ini. Pasalnya, selain rasanya yang nikmat, juga menyehatkan. Kedati demikian, untuk menikmatinya harus pergi ke restoran Jepang.

Sementara, masih banyak para ibu yang belum tahu cara membuatnya. Padahal mudah lho.

Mengutip Wikihow, berikut tips sederhana membuat sushi di rumah untuk camilan di akhir pekan:

Bahan-bahan
2 2/3 gelas beras sushi atau beras bulir pendek
2 1/2 gelas air
3 sdm cuka beras
2 sdm gula

Cara membuat
Siapkan wadah besar, kemudian isi dengan air dingin dalam jumlah banyak. Bilas beras dengan menyiramkan air yang banyak. Sebagai alternatif, meletakkan beras dalam saringan dan menaruh saringan di atas wadah besar.

Isilah wadah dengan air, aduk-aduk beras, lalu angkat saringan dari wadah supaya Anda bisa membuang airnya yang putih. Lakukan cara ini sebanyak empat sampai lima kali hingga airnya cukup jernih.

Setelah bilasan terakhir, tuangkan air bersih ke atas beras untuk terakhir kalinya dan rendam beras selama sekitar setengah jam. Beberapa sumber menyarankan untuk meniriskan dan mengeringkan beras selama 30 menit hingga 1 jam.

Untuk merebus beras, Anda membutuhkan 100 mililiter air untuk setiap 100 gram beras, yaitu berat beras sebelum direndam.Wadah apa pun yang Anda gunakan untuk mengukur nasi, gunakan pula wadah yang sama untuk mengukur air. Masukkan beras dengan air ke dalam penanak nasi atau rice cooker. Tutuplah dan jangan dibuka hingga nasi matang.

Setelah tujuh menit, turunkan panas dari maksimum ke suhu yang cukup untuk membuat nasi mendidih perlahan selama 15 menit berikutnya. Ingatlah, jangan pernah membuka tutup panci kalau tidak mau merusak nasi. Setelah 15 menit nasi akan matang, tetapi Anda belum selesai.

Kata sushi gabungan dari su (yang berarti “cuka”) dan shi(yang berarti “kecakapan tangan”). Jadi sushi pada dasarnya berarti “kecakapan mengolah cuka”. Anda membutuhkan nasi yang bagus, cuka, garam secukupnya (garam kasar, bukan garam halus).

Secara tradisional pengadukan biasanya dilakukan dalam hangiri, tong kayu kecil dan bulat yang bawahnya rata dan centong kayu. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan loyang atau nampan kukis (tetapi jangan menggunakan lembar tipis aluminium/aluminum foil karena akan bereaksi dengan cuka). Taburkan suke atas nasi. Aduk dan bolak-balik nasi dengan lembut menggunakan centong. Sushi pun siap dihidangkan bersama keluarga. Selamat mencoba.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0954 seconds (0.1#10.140)