Versace, Totalitas Sang Desainer

Jum'at, 06 Oktober 2017 - 13:20 WIB
Versace, Totalitas Sang Desainer
Versace, Totalitas Sang Desainer
A A A
DESAINER Donatella Versace konsisten membesarkan rumah mewah fashion yang sudah dibangunnya sejak 1978. Hal tersebut menjadi komitmennya setelah sang kakak yang juga seorang desainer, Gianni Versace tewas dibunuh beberapa tahun lalu.

Dedikasi tinggi terus diperlihatkan Donatella untuk mengeluarkan karya di industri fashion yang terinspirasi dari perjalanan hidup sang kakak. Atas jerih payahnya tersebut, karya Donatella mendapat banyak sanjungan dari para pecinta fashion yang juga menghormati Gianni.

Diketahui, Donatella hancur karena kematian kakaknya, tapi ia bertekad meneruskan warisannya. Setelah kematian Giani, Donatella mengambil alih sebagai direktur kreatif dari label tersebut dan sejak saat itu House of Versace telah mengalami revitalisasi. Dalam karyanya hingga saat ini, Donatella pun selalu memasukkan unsur sang kakak sebagai bentuk penghormatan.

“Selama bertahun-tahun saya telah melihat begitu banyak penghormatan kepada Gianni Versace dan referensi langsung ke Gianni Versace,” ungkap Donatella. Label Italia didirikan oleh almarhum Gianni Versace pada tahun 1978 telah menghasilkan beberapa penampilan paling berkesan dalam sejarah mode.

Donatella telah memimpin visi desain perusahaan sejak saat itu, membantu menghidupkan kembali lini produknya selama bertahun-tahun. Pada tahun 2009, dia membawa Christopher Kane untuk merancang Versus dan menemukan kembali merek tersebut. Donatella pun berkolaborasi dengan perancang lain yang akan datang, juga memperbaiki lini haute couture, perusahaan Atelier Versace.

Saat ini Versace memasarkan berbagai lini produk mulai dari barang rumah hingga parfum, pakaian dan perabotan, serta mengoperasikan dua hotel dengan kemewahan di dalamnya. Jumlah kekayaannya wanita berusia 63 tahun ini mencapai USD200 juta atau setara Rp2,1 triliun.

Donatella yang juga sebagai Wakil Presiden Versace Group dan memiliki 20% dari kepemilikan label. Sedangkan kakak tuanya, Santo Versace memiliki 30% dan putri Donatella, Allegra mewariskan 50% dari keseluruhan perusahaan. Pada tahun 1998, Donatella berhasil menyajikan koleksi pertamanya di Milan.

Pesertanya termasuk orang-orang, seperti Demi Moore, Boy George, dan Anna Wintour, yang pertunjukan itu didedikasikan untuk saudaranya Gianni. Ketika Gianni Versace memulai perusahaan fashion-nya sendiri di Milan pada tahun 1978, Donatella ada di sisinya.

Saudaranya, Santo, juga merupakan bagian dari bisnis ini. Gianni mengandalkan Donatella untuk sarannya tentang desainnya dan dia memainkan peran penting dalam merancang banyak peragaan busana Versace dan kampanye iklan. Donatella membantu membawa semangat rock ‘n’ roll dan selebritas ke jalur melalui persahabatannya dengan Madonna dan Elizabeth Hurley.

Lahir pada tanggal 2 Mei 1955 di Reggio Calabria, Italia, desainer Donatella adalah salah satu nama paling terkenal saat ini. Donatella dan Gianni belajar merancang dari ibu mereka yang memiliki bisnis penjahitan. “Saya adalah bayi dalam keluarga.

Saya sangat manja, dan saya adalah gadis kecil berpakaian terbaik di kota ini,” katanya. Donatella belajar lebih banyak lagi tentang bisnis ini pada pertengahan 1990-an, ketika dia mengambil peran lebih besar sementara Gianni memerangi kanker.

Ketakutan kesehatan Gianni mendorong saudara-saudara Versace untuk mengerjakan sebuah rencana suksesi perusahaan. Gianni memenangkan perjuangannya melawan kanker, tapi akan kehilangan nyawanya secara tragis pada 1997 saat dia ditembak di luar rumahnya di Miami, Florida.(Nurul Adriyana)
(amm)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3659 seconds (0.1#10.140)