Waspada! Kebiasaan Menggigit Kuku Picu Infeksi Kuman

Rabu, 01 November 2017 - 08:12 WIB
Waspada! Kebiasaan Menggigit Kuku Picu Infeksi Kuman
Waspada! Kebiasaan Menggigit Kuku Picu Infeksi Kuman
A A A
JAKARTA - Waspada bagi mereka yang suka memiliki kebiasaan menggigit kuku, terutama saat panik. Tanpa disadari, kebiasaan ini bisa menyebabkan masalah kesehatan serius. Salah satunya menyebabkan infeksi kuman.

Dilansir Huffington Post, pakar dermatologi dari Amerika Serikat, Lauren Ploch MD menjelaskan menggigit kuku dapat membuat kuman-kuman yang ada di jari masuk ke dalam tubuh dan menyebankan infeksi.

"Biasanya enzim di air ludah maupun asam lambung mampu menghilangkan kuman yang masuk lewat makanan. Namun pada beberapa kuman, terutama yang masuk lewat jari tangan atau kuku, sulit dihilangkan dan bisa menimbulkan masalah saluran cerna," kata Ploch.

Parahnya, infeksi kuman juga bisa terjadi pada kulit di sekitar kuku yang rusak karena digigit atau disebut juga dengan paronychia. Kondisi ini disebabkan pecahnya pelindung antara kuku dan lipatan kuku di ujung jari. Selanjutnya, kuman menginfeksi melalui celah kuku dan menimbulkan gejala nyeri, peradangan hingga pembengkakan jari.

Pada beberapa kasus, infeksi ini bisa menyebabkan munculnya kutil yang terbentuk di bawah kuku atau tumor jinak. Jika tidak segera ditangani, kutil akan menyebar sehingga kuku tumbuh tidak merata. Kutil juga bisa menyebabkan permukaan tangan terkelupas sehingga kasar, bahkan membuat kuku terlepas sebagian.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5680 seconds (0.1#10.140)