Sepasang Panda Asal China Jadi Penghuni Baru Taman Safari Indonesia

Rabu, 01 November 2017 - 20:15 WIB
Sepasang Panda Asal...
Sepasang Panda Asal China Jadi Penghuni Baru Taman Safari Indonesia
A A A
BOGOR - Taman Safari Indonesia, Bogor kembali menambah koleksi binatang barunya. Sepasang giant panda asal China kini siap menyapa pengunjung Taman Safari Indonesia mulai bulan November.

"Sekarang mendapat kesempatan menjadi satu-satunya tempat di Indonesia untuk menjadi rumah bagi sepasang giant panda yang bisa terbilang sebagai salah satu level paling tinggi dalam dunia konservasi satwa di dunia," papar Direktur Taman Safari Indonesia, Jansen Manansang saat jumpa pers di Taman Safari Indonesia, Bogor, Rabu (1/11/2017).

Sepasang giant panda berusia 7 tahun bernama Cai Tao dan Hu Chun telah tiba di Tanah Air pada 28 September 2017 lalu. Dua ekor panda ini merupakan hadiah persahabatan dari Presiden China Xi Ping kepada mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai tanda persahabatan bilateral antara Indonesia dan Republik Rakyat China.

Dalam kesempatan ini, Taman Safari Indonesia dipercaya oleh pemerintah Indonesia dan pemerintah Republik Rakyat China untuk menjadi taman konservasi yang menyambut, merawat dan melestarikan kelangsungan hidup dua ekor pada dari Guangzhou tersebut.

"Ini kesempatan berharga karena pertama kalinya negara kita mempunyai satwa giant panda yang bisa dilihat oleh masyarakat secara langsung. Kami telah mempersiapkan rangkaian fasilitas terpadu dari edukasi hingga hiburan yang belum pernah ada sebelumnya dan menjadi kebanggaan keluarga Taman Safari Indonesia juga," papar dia.

Fasilitas tersebut diantaranya fasilitas kesehatan dan penelitian satwa, pendidikan, arena rekreasi berupa panda resto, Chinese Garden, sky walk, area satwa tunggang hingga toko cinderamata. Seluruh fasilitas ini bisa ditemui di Istana Panda Indonesia dengan lahan seluas 5.000 meter persegi di atas bukit dengan gaya rancangan arsitektur dan taman bertema budaya oriental.

"Istana Panda Indonesia akan kami buka secara resmi di penghujung November 2017 dengan semua fasilitas yang sudah siap sehingga memberikan pengalaman berkunjung yang berkesan maksimal. Jadi kami harap, Indonesia kalau mau liat panda nggak usah jauh-jauh ke China tapi di Taman Safari sudah ada," ujar dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9586 seconds (0.1#10.140)