Aksi Memukau 5 Band Papan Atas Indonesia di Konser 5upergroup

Rabu, 22 November 2017 - 14:59 WIB
Aksi Memukau 5 Band Papan Atas Indonesia di Konser 5upergroup
Aksi Memukau 5 Band Papan Atas Indonesia di Konser 5upergroup
A A A
JAKARTA - 5 grup band papan atas Tanah Air, yakni Godbless, Krakatau, Kahitna, Gigi dan Sheila On 7, sukses memuaskan penonton di konser bertajuk 5supergroup. Konser ini digelar di Plenary Hall, Jakarta Convention Center Senayan, Jakarta, Selasa (21/11) malam.

Kemeriahan jalannnya konser dibuka oleh penampilan cadas dan menggebrak dari band progressive rock 70-an, God Bless yang membuka penampilannya dengan gaya smooth lewat lagu Panggung Sandiwara yang diiringi petikan gitar dari Ian Antono. Aksi ini langsung dilanjutkan dengan lagu kedua Musisi yang menonjolkan betotan bass khas Donny Fattah.

God Bless yang pada tahun 70-an menjadi band pembuka dalam konser pertama Deep Purple di Indonesia itu, membawakan 7 lagu selama kurang lebih 30 menit. Di sela penampilannya sambil menghela napas, God Bless sempat mengajak penonton untuk mendoakan ex-keyboardist mereka, Yockie Soerjoprajogo yang terbaring lemah dirumah sakit demi menjalani perawatan intensif. Setelah mendoakan Yockie, God Bless lalu menyanyikan lagu ciptaan Yockie yang berjudul Menjilat Matahari.

Band yang baru saja memenangkan penghargaan AMI Award 2017 untuk album rock terbaik ini juga membawakan lagu-lagu hits mereka dari berbagai album seperti Bla Bla Bla, Anak Adam, dan Bis Kota. Donny Fattah yang pada tahun 2012 pernah jatuh sakit, seakan lupa akan umurnya yang tak lagi muda. Sementara sang vokalis, Ahmad Albar, juga tak henti-hentinya berteriak-teriak meski umurnya sudah mencapai kepala tujuh.

God Bless pun mengakhiri penampilannya dengan lagu Kehidupan. Musik rock yang apik mereka pertunjukkan pada penonton. Seketika setelah lagu itu usai, tanpa banyak jeda, band selanjutnya Gigi pun langsung naik ke atas panggung dan membuka penampilan mereka dengan lagu Terbang. Gigi yang digawangi oleh Armand Maulana di vokal, Dewa Budjana di gitar, Thomas di bass dan Hendy di drum membawakan 8 lagu.

Armand tak segan untuk turun dari panggung dan ber-selfie dengan para penonton. Ketika lagu Jomblo dihadirkan, Armand mengajak penonton untuk bernyanyi bersama.

Armand juga melontarkan guyonan kepada Thomas yang malam itu mengenakan kostum serba putih di sela aksi panggungnya malam itu. "Loe kayak pesulap aja, bajunya putih-putih begini! Tapi enggak apa-apa, karena Thomas sekarang duda!" kata Armand bercanda.

Setelah lagu Janji yang pernah membuat nama Gigi kian dikenal pada 1990an, Gigi mengakhiri penampilannya. Namun, Thomas dan Hendy tidak jua turun panggung, mereka berdua melakukan solo bass dan drum yang sangat apik.

Suasana semakin panas saat Gilang Ramadhan dan Pra Budi Dharma dari Krakatau membalas solo bass-drum Thomas dan Hendy. Skill Gilang membuat Thomas dan Hendy turun panggung, seketika teriakan penonton yang hadir menyambut kehadiran Tri Utami muncul dari tengah penonton dan menyanyikan lagu La Samba Primadona.

Krakatau baru saja merilis album baru yang bertajuk Chapter One. Krakatau merilis album pertamanya di tahun 1986. Mereka kemudian menyanyikan lagu Gemilang yang merupakan lagu hits di tahun 1986 bersama Tri Utami di posisi vokal.

Penampilan Krakatau dipenuhi dengan aksi adu skill antar tiap personel yang memang bisa dikatakan suhu dalam bidang musik. Semuanya tampak apik dan tertata, fussion jazz yang mereka usung pun sangat kental dan menawan bagi siapa saja yang menyaksikan konser 5upergroup di JCC Senayan, Jakarta.

Penampilan Kahitna pun tidak kalah atraktifnya. Mereka berhasil membuat JCC penuh cinta dengan lagu-lagu hits mereka yang indah dan menghibur. Yovie Widianto dan kawan kawan memberikan penampilan musik yang lembut namun tidak kacangan. Dengan tiga vokalis mereka, Hedi Yunus, Carlo Saba, dan Mario Ginanjar, Kahitna membawakan 6 lagu yang diawali dengan lagu Tak Akan Terganti disusul Cerita Cinta.

Penonton yang mayoritas gadis muda pun tak henti-hentinya meneriakkan nama Mario. Teriakan tersebut langsung disambut Mario dengan senyuman, seraya mengutarakan rasa bangganya pada para penonton yang memadati JCC Senayan, Jakarta.

"Ini adalah band-band terbaik yang ada di Indonesia. Malam ini kami senang sekali. Kalian adalah pendukung sejati musik Indonesia!” tutur Mario di atas panggung.

Penampilan singkat Kahitna pun menutup penampilan mereka dengan lagu Cantik dengan manis. Cantik merupakan lagu Kahitna yang nge-hits pada tahun 1996 dan ada di album dengan nama yang sama.

Setelah Kahitna, muda mudi yang bertandang ke JCC Senayan digempur oleh unit pop rock asal Yogyakarta, Sheila on 7 (So7) yang didaulat jadi band pamungkas dalam gelaran 5upergroup. Sejak awal penampilan, Duta dan kawan-kawan langsung menghentak melalui salah satu lagu yang sangat hit, JAP (Jadikan.Aku.Pacarmu). Raungan gitar telecaster warna biru dengan strip putih milik Eross Chandra sang gitaris SO 7 pun mampu menyihir JCC menjadi ruang dansa, belum lagi suara Duta yang mampu meluluhkan hati semua wanita.

Tak mau mengajak penontonnya diam, Sheila melantunkan Bila Kau Tak Di Sampingku dan Seberapa Pantas. Sang vokalis, Duta, pun menyapa para penonton. Setelah itu, Sheila membawakan Radio. Lagu yang diakui Duta telah cukup lama hingga dia lupa di album mana lagu itu berada.

Mereka kembali memutar memori kenangan lama melalui lagu-lagunya di album pertama, yakni Kita dan juga Dan. Berikutnya dilanjutkan dengan lagu Itu Aku dan Lapang Dada. Duta tak kalah energiknya di dua lagu tersebut. Mereka mengaku bangga bisa satu panggung dengan keempat grup lainnya dalam konser tersebut.

Sebelum membungkus penampilannya, Duta mengutarakan kebanhagiaannya bisa tampil dan ditonton oleh musisi-musisi senior sepert God Bless dan Krakatau. Duta berharap penampilan So7 di hari itu bisa menjadi mood booster bagi para penggemarnya atau yang biasa dikenal dengan sebutan Sheila Gank. Malam semakin memanas dengan Melompat Lebih Tinggi. Sheila menutup penampilannya dengan memilih lagu Sebuah Kisah Klasik.

"Terima kasih 5upergroup. Kami disaksikan dengan band idola-idola kami. Mudah-mudahan bisa jadi agenda tahunan. Walaupun ini weekdays, saya mendoakan mudah-mudahan hari ini kalian dapat charger yang pas. Agar hari Rabu dan seterusnya bisa lebih baik lagi," ucap Duta yang kemudian membawakan lagu Melompat Lebih Tinggi.

Konser akbar 5upergroup ditutup oleh penampilan God Bless yang membawakan encore dalam konser dengan melantunkan lagu Semut Hitam. Setelah Semut Hitam dikumandangkan, seluruh pengisi acara kembali hadir ke atas panggung untuk bersama-sama menyanyikan lagu hits God Bless, Rumah Kita.

“Terima kasih semua yang sudah hadir malam ini kita ingin buktikan musisi Indonesia tidak kalah dengan pertunjukan musik asing semoga bisa terus digelar setiap tahunnya maju terus musik Indonesia,” kata Achmad Albar seraya memberi hormat kepada penonton kemudian meninggalkan panggung diikuti para pendukung event ini.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7327 seconds (0.1#10.140)