Seberapa Seringkah Masturbasi Seharusnya Dilakukan?

Sabtu, 02 Desember 2017 - 03:30 WIB
Seberapa Seringkah Masturbasi Seharusnya Dilakukan?
Seberapa Seringkah Masturbasi Seharusnya Dilakukan?
A A A
JAKARTA - Ada banyak manfaat yang didapat dari masturbasi. Namun, aktivitas seks ini masih menjadi perdebatan terutama terkait sebaiknya seberapa banyak masturbasi dilakukan guna kesehatan.

Pakar hubungan, pendiri Good Clean Love, dan penulis dari buku SEX THAT WORKS: An Intimate Guide to Awakening Your Erotic Life, Wendy Strgar mengatakan, sebaiknya tidak ada orang yang melewatkan masturbasi. Masturbasi sama pentingnya seperti makan sayuran dan berolahraga.

"Memberi kepuasan diri sendiri itu penting untuk bisa melangkah ke depan dan memiliki hubungan yang sehat dengan kenikmatan itu sendiri. Bahkan, pendidik seks menyebut masturbasi sebagai batu penunjang semua kegiatan seksual yang lain," ujar Strgar seperti dilansir dari Health.

"Seberapa banyak sampai jadi terlalu banyak, ketika berhubungan dengan masturbasi semuanya adalah masalah pilihan pribadi," tambahnya.

Meski memiliki banyak manfaat, Strgar mengatakan, jika masturbasi dilakukan secara berlebihan bisa menyebabkan ketergantungan hingga tidak responsif terhadap seks bersama pasangan. Namun tak dipungkiri masturbasi juga bisa memberikan manfaat untuk kehidupan seks Anda bersama pasangan.

"Seiring Anda jadi lebih nyaman mengeksplorasi tubuh sendiri, dan tahu sentuhan macam apa yang bisa membuat tubuh menyala, Anda juga akan jadi pasangan yang lebih menarik dan piawai," kata dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2224 seconds (0.1#10.140)