Cegah Difteri dengan Imunisasi

Kamis, 07 Desember 2017 - 22:07 WIB
Cegah Difteri dengan Imunisasi
Cegah Difteri dengan Imunisasi
A A A
JAKARTA - Imunisasi dinilai efektif mencegah penyakit difteri. Oleh karena itu para orang tua diwajibkan memeriksa status imunisasi buah hatinya untuk mengetahui status imunisasinya, apakah sudah lengkap dan sesuai jadwal?

"Jika belum lengkap harus segera dilengkapi," kata Kepala Biro Komunikasi Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Oscar Primadi.

Selain melengkapi imunisasi, Oscar menghimbau masyarakat untuk menerapkan hidup sehat dan bersih, seperti halnya menggunakan masker ketika batuk dan segera berobat jika anggota keluarganya ada yang mengalami demam disertai nyeri menelan khususnya jika terdapat selaput putih keabuaan di tenggorokan.

"Masyarakat perlu mendukung jika di tempat tinggalnya diadakn imunisasi oleh dinas kesehatan kabupaten/kota setempat," jelasnya.

Sementara, berdasarkan data Kementerian Kesehatan menunjukkan bahwa sampai dengan November 2017, tercatat ada 95 kabupaten/kota dari 20 provinsi melaporkan kasus difteri. Pada Oktober - November 2017, ada 11 provinsi yang melaporkan terjadinya KLB difteri di kabupaten/kota, di antaranya Sumatera Barat, Jawa Tengah, Aceh, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Riau, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4294 seconds (0.1#10.140)