UNESCO Tetapkan Pizza Neapolitan sebagai Warisan Budaya

Sabtu, 09 Desember 2017 - 12:19 WIB
UNESCO Tetapkan Pizza Neapolitan sebagai Warisan Budaya
UNESCO Tetapkan Pizza Neapolitan sebagai Warisan Budaya
A A A
JAKARTA - UNESCO resmi mengesahkan pizza Neapolitan sebagai warisan budaya tak benda. Penetapan ini dilakukan seminggu setelah lebih dari dua juta orang Italia menandatangani petisi.

Dilansir Food and Wine, isi petisi tersebut meminta pengakuan segala hal tentang piizaiuoli atau pembuat pizza yang berasal dari Naples atau Napoli hingga teknik pembuatan pizza dari menyiapkan, membuat adonan pizza, mengisi dengan topping hingga memanggang pizza dengan kayu sebagai bagian penting tradisi budaya dan kuliner di Italia.

Pemberian gelar ini membuat makanan khas Italia itu bergabung bersama anggota komunitas warisan dunia UNESCO yang baru, seperti chogan permainan berkuda asal Iran yang diiringi cerita dan musik, kerajinan kincir angin juga kegiatan pengeboran di Belanda.

Ada juga pembuatan kapal tradisional di Sulawesi Selatan hingga hidangan tradisional nsima dari Malawi.

Dalam bidang kuliner, makanan ini sejajar dengan kopi tradisional Turki, kue jahe dari Kroasia, masakan khas Perancis serta masakan tradisional asal Meksiko.

Pemberian status ini pun diharapkan bisa membuat masyarakat lebih peduli terhadap sebuah tradisi dan budaya.

Secara tradisional, pizza Neopolitan memiliki dua versi yang berbeda, yakni margherita, pizza dengan tomat, mozarella, minyak dan daun basil, serta pizza marinara dengan topping saus tomat, bawang putih, oregano dan minyak.

Pizza margherita dibuat pada 1889 sebagai ungkapan rasa hormat pada Ratu Margherita saat mengunjungi Naples. Pizza ini memiliki warna merah, hijau dan putih layaknya warna bendera Italia.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6511 seconds (0.1#10.140)