Ini Sejarah Legitnya Roti Sarapan Ontbijtkoek asal Yogyakarta

Rabu, 27 Desember 2017 - 03:30 WIB
Ini Sejarah Legitnya...
Ini Sejarah Legitnya Roti Sarapan Ontbijtkoek asal Yogyakarta
A A A
JAKARTA - Toko Roti Djakarta terkenal dengan Roti Ontbijtkoek sebagai roti andalannya. Kuliner zaman dulu (jadul) asal Yogyakarta ini memadukan resep tradisional dengan gula jawa yang sangat khas Indonesia.

"Roti ini sangat legendaris karena dibuat dari campuran gula jawa dan kayu manis serta resep tradisional," ujar Andreas Purwanto pimilik Toko Roti Djakarta.

Pada dasarnya, resep asli kue ini tidak menggunakan gula Jawa. Namun, Andreas terinspirasi para petani gula Jawa dan petani kacang tanah sehingga dia mencoba berkreasi dengan menambahkan gula Jawa.

"Resep turun temurun sebenarnya tidak menggunakan gula Jawa, namun kami terinspirasi dari para petani gula Jawa dan petani kacang tanah sebagai bahan utama dalam pembuatan Roti Ontbijtkoek," papar dia.

Awalnya, Ontbijtkoek merupakan kuliner Belanda. Ontbijtkoek biasanya dimakan saat sarapan sehingga kue ini pun dikenal sebagai kue sarapan pagi. Sementara melalui kue-kue buatannya ini, Andreas berharap bisa terus membantu petani lokal di Yogyakarta.

"Kami berharap dapat membantu petani lokal di Yogyakarta dengan menggunakan gula Jawa dalam kreasi oleh-oleh kami," kata dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0888 seconds (0.1#10.140)