Warna Pastel Akan Populer

Sabtu, 30 Desember 2017 - 10:13 WIB
Warna Pastel Akan Populer
Warna Pastel Akan Populer
A A A
JAKARTA - Seiring dengan perkembangan zaman, setiap tahun tren mode terus mengalami perubahan. Tren fashion merupakan mode pakaian atau perhiasan yang populer selama waktu tertentu.

Istilah fashion sering digunakan dalam arti gaya atau style yang mengalami perubahan dari masa ke masa. Dalam perubahannya, tren tersebut terkadang memiliki kesamaan dengan tren mode sebelumnya. Bahkan, tren mode yang ada pada tahun tertentu bisa saja mengulas lagi old fashion yang pernah ada.

Menurut Carline Darjanto, Founder & CEO COTTONINK, biasanya suatu tren adalah hasil riset dari beberapa orang yang meriset tentang mode, lalu hasilnya disampaikan kepada sejumlah brand.

"Alhasil brand tersebut mengeluarkan mode yang hampir sama, lalu dipakai oleh banyak orang. Karena banyak orang yang memakainya dan menyukainya, maka mode tersebut dapat dikatakan sedang tren," kata lulusan LaSalle College of Fashion ini.

Berbicara mengenai tren mode, ada banyak faktor yang memengaruhi. Pengaruh kemudahan akses informasi yang ditunjang teknologi terkini dianggap memudahkan banyak orang untuk mengetahui tren terbaru.

Tak lupa juga pengaruh dari para figur publik yang menjadi trendsetter masyarakat dalam berbusana. "Artis-artis lokal, para selebgram, hingga model-model mancanegara dapat memengaruhi penyebaran tren yang terjadi," ujar Fiqka Agustinia, mahasiswi Universitas Negeri Jakarta Jurusan Tata Busana.

Selain itu, acara-acara mode dunia seperti pergelaran busana New York Fashion Week juga memberi pengaruh terhadap perkembangan tren mode 2017. Namun, tidak semua mode yang ditampilkan di acara pergelaran busana tingkat dunia akan langsung diserap dan diaplikasikan pada tren mode dalam negeri.

Tentunya para perancang busana lokal telah menyaring dan menyesuaikannya sehingga layak digunakan untuk masyarakat Indonesia secara luas. Pada edisi kali ini, GEN SINDO akan memberikan informasi seputar fashion outlook. Seperti apa?

Tren Mode 2017

1.Korean Style
Fashion 2017 mendapat pengaruh dari Korean style yang memiliki ciri khas tampilan yang unik namun simpel. Blouse dengan detail garis leher model sabrina dan detail sleeve banyak digunakan dan menjadi tren hingga pengujung tahun 2017.

2. Warna Netral
Tahun 2017 didominasi oleh warna-warna netral. Warna hitam dan putih menjadi pilihan banyak orang karena dianggap dapat dipakai pada segala situasi dan kondisi. "Warna-warna netral seperti hitam atau putih dapat dipadu padankan dengan warna apa pun. Jadi, memudahkan aku dalam bereksperimen dengan tampilan aku," kata Evi Khoirunnisa, mahasiswi Institut Pertanian Bogor.

3. Kasual
Tampilan kasual biasanya menggunakan kaus-kaus simpel dengan beragam tulisan quote unik. Untuk menambah kesan kasual, kaus tersebut dipadukan dengan jeans atau celana berwarna denim. Gaya mode ini menjadi tren, terutama di kalangan anak muda. Outfit ini juga dapat membuat tampilan terlihat lebih sporty.

Tren Mode 2018

1.Baju Sabrina
Tren fashion 2018 diprediksi tidak akan jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Model baju sabrina akan hadir lagi dan dimodifikasi sehingga jadi lebih stylish. Selain itu, mode old style seperti mode tahun ‘80-an juga diperkirakan booming kembali.

2. Warna Pastel
Untuk pilihan warna, diperkirakan warna-warna yang akan muncul adalah warna-warna netral, warna-warna pastel, dan motif printing. Tren mode 2018 akan dipengaruhi warna pastel dan warnawarna denim. "Warna pastel cocok digunakan untuk kulit wanita Asia," ucap Carline.

3. Aksesori
Perkembangan fashion item bervariasi mengikuti perkembangan tren yang terjadi. Terkadang tas atau aksesori menjadi fashion item yang populer. Namun, untuk tren tahun 2018, fashion item yang diprediksi banyak mengalami perkembangan adalah aksesori, seperti anting dan kalung.

DEVY PUTRI NUR OKTAVIA
GEN SINDO

Institut Pertanian Bogor
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1276 seconds (0.1#10.140)