Dukungan untuk Generasi Pintar, Kuat dan Tinggi

Rabu, 10 Januari 2018 - 09:05 WIB
Dukungan untuk Generasi...
Dukungan untuk Generasi Pintar, Kuat dan Tinggi
A A A
JAKARTA - Masa pertumbuhan anak menjadi momen penting bagi orangtua. Perannya yakni memberikan anak mengikuti kegiatan positif sekaligus memastikan asupan terbaik bagi sang buah hati. Salah satu asupannya yakni dengan memberikan susu berkualitas terbaik.

Dokter Spesialis Anak dan Konsultan Tumbuh Kembang, DR. dr. Ahmad Suryawan, SpA(K) mengatakan bahwa orang tua di Indonesia disarankan tidak hanya menggunakan berat badan sebagai indikator kesehatan dan tumbuh kembang anak. "Tinggi badan anak juga patut diketahui secara rutin, karena dari berbagai penelitian membuktikan adanya korelasi positif antara tinggi badan dan perkembangan otak" ujarnya.

Kondisi anak yang mempunyai tinggi badan di bawah rata-rata anak di usianya, atau lebih dikenal dengan instilah stunting, di Indonesia masih tinggi, sekitar 35% (RISKESDAS 2013).

Kondisi ini disebabkan oleh berbagai kondisi, antara lain kondisi nutrisi sejak anak di dalam kandungan, tingginya infeksi akibat rendahnya higienitas, dan kurangnya aktivitas fisik anak. "Sehingga, jangan disangka bahwa penentu tinggi badan anak itu hanya faktor genetika atau keturunan saja, tetapi orang tua dapat mengoptimalkan tinggi badan anak dengan asupan nutrisi dan stimulasi aktivitas gerak yang sesuai untuk anak," sebutnya.

Terkait aspek stimulasi gerak yang sesuai bagi anak dalam usia tumbuh kembang, dokter spesialis kedokteran olahraga dr. Michael Triangto, SpKO mengungkapkan bahwa aktivitas fisik sangat penting.

“Aktivitas fisik tidak hanya memberikan manfaat kesehatan, tetapi juga mampu merangsang ketrampilan motorik, perkembangan kognitif, dan kemampuan mengelola emosi,” ujarnya.

Dr. Michael menegaskan yang terpenting dalam aktivitas fisik anak pada usia ini adalah gerakan-gerakan yang tidak saja mampu menstimulasi pertumbuhan otot, tetapi juga aman dilakukan.

“Misalnya, dalam ‘Gerak 123’ terdapat gerakan melompat dan berlari di tempat yang selain untuk kekuatan otot dan tulang juga untuk latihan otak dan koordinasi fisik,“ ujarnya. Bahkan, bila dilakukan bersama orang tua, ‘Gerak 123’ dapat lebih menguatkan hubungan emosional antara anak dan orang tua,“ pungkas Dr. Michael.

Saat ini, Frisian Flag Indonesia dengan brand value nya ‘Building Strong Family’ atau membangun keluarga sehat dan kuat meluncurkan ‘Gerak 123’. Susu Pertumbuhan Frisian Flag Jelajah dan Karya, dan ‘Gerak 123’ adalah dua dari tiga elemen penting yang diyakini merupakan fondasi tumbuh kembang anak; cinta kasih, nutrisi dan stimulasi gerak yang disesuaikan usia dan kebutuhannya.

Menurut Marketing Director Frisian Flag Indonesia Felicia Julian, Frisian Flag Indonesia percaya bahwa paling tidak diperlukan tiga elemen penting untuk seorang anak dapat tumbuh pintar, kuat dan tinggi, yaitu: kasih sayang orang tua , asupan nutrisi yang tepat dan stimulasi gerak yang sesuai usia dan kebutuhan. “Karenanya, Frisian Flag yang didukung oleh produk Frisian Flag Jelajah dan Karya dan ‘Gerak 123’ yang merupakan dua dari tiga elemen penting tersebut,” ujarnya.

“Inilah salah satu bentuk komitmen Frisian Flag Indonesia dalam mendukung lahirnya generasi Indonesia yang pintar, kuat dan tinggi,” imbuhnya.

Selanjutnya, pertumbuhan anak yang maksimal, menurut psikolog keluarga, Roslina Verauli, M.Psi Psi, yakni bentuk cinta kasih orang tua untuk memastikan buah hatinya tumbuh kembang secara optimal.

“Banyak hal yang dilakukan orang tua untuk hal itu, antara lain dengan memberikan asupan nutrisi yang tepat dan menstimulasi anak-anak dengan gerak fisik yang sesuai usia dan kebutuhan.”Aktivitas ‘Gerak 123’ yang dilakukan bersama orang tua, selain mampu memperkuat ikatan antara orang tua dan anak, juga secara jangka panjang dapat membantu anak terhindar dari risiko sedentary lifestyle -atau sebuah gaya hidup yang minim gerak fisik-yang tentunya akan menghambat tumbuh kembang mereka,” pungkasnya.

Sementara itu, vitamin yang terdapat di susu dengan kandungan kalsiumnya yang baik berguna membantu memberikan kepadatan tulang bagi orang dewasa. Namun, tak banyak yang menyadari bahwa selain kalsium, susu mengandung komposisi asam lemak yang unik dan kompleks dibandingkan dengan pangan lainnya yang penting dalam membantu menyehatkan tubuh, termasuk mencegah tubuh dari risiko terpapar penyakit-penyakit tidak menular.

Dr. Marudut, MPS, ahli gizi, dosen di Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta II yang sekaligus anggota Bidang Penelitian dan Pengembangan Gizi, Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI), mengatakan bahwa komposisi asam lemak susu yang unik dan kompleks tersebut terutama karena tiga hal. Pertama adalah tersusun atas lebih dari 50 jenis asam lemak-asam lemak. Untuk poin kedua yakni memiliki kandungan karbon rantai ganjil yakni asam pentadecanoat (15:0) dan asam heptadecanoat atau asam margarat (17:0) yang merupakan indikator konsumsi susu.

Untuk poin ketiga yakni memiliki asam lemak trans yang dihasilkan melalui biohidrogenasi dengan bantuan enzim bakteri yang terdapat di saluran pencernaan, sedangkan asam lemak trans pada pangan olahan lainnya dihasilkan melalui proses hidrogenasi atau penambahan atom hidrogen.

“Keunikan dan kekompleksan asam lemak inilah yang justru memberikan banyak keuntungan bagi tubuh manusia yang mengonsumsi susu,” ujarnya. “Segelas susu rata-rata mengandung 3-4% lemak susu dan dari jumlah lemak tersebut 90% terdiri dari asam lemak jenuh, 3.7% asam lemak trans, dan 5.3% asam lemak tak jenuh," imbuhnya.

“Dan yang lebih mengejutkan adalah hasil metaanalisis dari 22 penelitian yang dipublikasi tahun 2016 menunjukkan bahwa asupan susu yang tepat dapat membantu menstabilkan berat badan pada orang dewasa,” imbuhnya.

Informasi penting ini merupakan bagian dari proses edukasi kepada masyarakat yang selama ini dijalankan oleh Frisian Flag Indonesia sebagai sebuah perusahaan produsen produk-produk gizi berbasis susu.

“Keluarga kuat dan sehat, telah menjadi bagian dari pertumbuhan keluarga Indonesia selama 95 tahun, adalah tujuan utama. Untuk itu, edukasi kepada keluarga-keluarga di Indonesia mengenai pentingnya gaya hidup sehat, termasuk konsumsi makanan bergizi dan minum susu secara rutin serta aplikasi gaya hidup aktif adalah wujud dari komitmen kami dalam menjalankan nilai perusahaan yaitu membangun keluarga kuat,” ujar Andrew F. Saputro, Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia. (Sali Pawiatan)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0732 seconds (0.1#10.140)