Menu Kaki Lima Serba Keju

Senin, 15 Januari 2018 - 12:26 WIB
Menu Kaki Lima Serba Keju
Menu Kaki Lima Serba Keju
A A A
JAKARTA - Saat ini banyak kuliner kaki lima khas Indonesia sering dijumpai. Ada beberapa yang ternyata sangat berjodoh dengan keju.

Bila dipadukan dengan keju, rasanya lebih lezat dan modern. Apa saja? Martabak telur berpadu keju. Martabak telur di Indonesia lebih banyak dijual pedagang gerobak dibandingkan di kafe atau restoran sehingga martabak mendapat julukan sebagai kuliner kaki lima.

Sesuai namanya, martabak telur terbuat dari campuran telur yang ditambahkan daging dan irisan daun bawang, yang kemudian dibalut dengan kulit martabak dan digoreng hingga matang.

Berbeda dengan martabak manis yang sudah menggunakan keju sebelumnya, martabak telur baru mengalami inovasi dengan penambahan keju pada topping-nya.

Jenis keju yang digunakan adalah keju mozzarella dengan tekstur legit dan gurih. Kemudian, kue cubit awalnya hanya jajanan yang sering dijumpai di depan sekolah-sekolah oleh pedagang kaki lima menggunakan gerobak.

Kue yang memiliki bentuk kecil bermacam-macam ini awalnya hanya diberi taburan meises di atasnya. Tetapi lama kelamaan, kue cubit naik kelas karena diberikan parutan keju cheddar di atasnya. Selanjutnya, ada serabi bandung yang biasanya diberi isian oncom di atasnya.

Kini semua varian serabi bandung banyak ditambahkan parutan keju, baik serabi oncom, serabi durian, maupun serabi sosis dan suwiran daging ayam.

Lalu, yang juga belakangan booming, sate biasanya memakai bumbu kacang. Ada sate taichan di jalanan justru hadir dengan perasan jeruk limau dan sambal cabai yang pedas.

Berhubung sedang tren kuliner yang dipadukan keju, sate taichan kini juga hadir dengan tambahan keju di atasnya sehingga rasa yang diberikan menjadi berbeda. (Dyah Ayu Pamela)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5766 seconds (0.1#10.140)