Pastry Eclair dari Prancis yang Menggoda

Senin, 29 Januari 2018 - 08:24 WIB
Pastry Eclair dari Prancis yang Menggoda
Pastry Eclair dari Prancis yang Menggoda
A A A
JAKARTA - Eclair, salah satu jenis pastry Prancis berupa kue kering yang dibuat dengan adonan choux yang diisi dengan krim dan ditutup dengan lapisan gula. Eclair memiliki adonan yang sama dengan yang digunakan untuk profiterole, biasanya dibuat ke dalam bentuk persegi panjang dengan kantong pastry dan dipanggang.

Setelah dingin, pastry kemudian diisi dengan custard vanilla, kopi atau coklat sejenis creme patissiere atau dengan whipped cream, maupun chiboust cream dan kemudian menambahkan fondant icing. Isi lainnya termasuk custard pistachio dan rum, puding rasa buah, atau pure kastanye. Lapisan es kadang menjadi berkaramel.

Eclair sendiri berasal dari abad ke-19 di Prancis yang disebut "pain ala Duchesse" atau "petite duchesse" sampai tahun 1850. Beberapa sejarawan makanan berspekulasi bahwa eclairs pertama kali dibuat oleh Antonin Careme (1784-1833), koki Prancis yang terkenal. Resep bahasa Inggris pertama yang diketahui untuk eclairs muncul di Buku Masak Cooking Boston yang terbit tahun 1884.

Penasaran dengan eclair? Anda pun dapat menemukannya di banyak toko pastry di Jakarta. Misalnya di Paul, Delifrance, hingga Bakerzin yang ketiganya memiliki ciri khas tersendiri mengkreasikan isian eclair dengan berbagai custard vanilla maupun rasa buah dan cokelat.

Baru buka pada awal tahun ini di Mall Gandaria City, Jakarta Selatan, temukan varian rasa Éclair di Delifrance yang akan meleleh terasa di mulut. Seperti rasa dark chocolate, coffee, raspberry, hazelnut chocolate, pistacio cream, hingga banana dengan harga Rp32.000-Rp38.000. "Rasa pastry Prancis kita termasuk untuk eclair ini klasik," ungkap Dwi Harjanti, Chef Pastry di Delifrance. (Dyah Ayu Pamela)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4744 seconds (0.1#10.140)