Festival Tulude Masuk Kalender Event Wisata Bolsel

Jum'at, 02 Februari 2018 - 21:51 WIB
Festival Tulude Masuk Kalender Event Wisata Bolsel
Festival Tulude Masuk Kalender Event Wisata Bolsel
A A A
BOLSEL - Komitmen Pemkab Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) melestarikan tradisi budaya berbagai etnis dan suku di daerah itu patut diacungi jempol. Salah satunya, adalah Festival Tulude 2018.

Di Bolsel, selain masuk ke dalam kalender event pariwisata, hajatan budaya masyarakat Nusa Utara ini mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah. Tahun ini, acara itu dipusatkan di Desa Dumagin, Kecamatan Pinolosian Timur.

Bupati Herson Mayulu ikut memeriahkan sekaligus mendukung penuh hajatan budaya itu. Dia mengatakan, Tulude adalah bentuk tradisi pengucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Tujuh tahun saya menjabat sebagai, Tulude terus dilaksanakan dengan berbagai kegiatan. Bahkan untuk Festival Tulude ini, Bolsel adalah satu – satunya daerah yang menganggarkannya lewat APBD,” ungkap Herson.

Herson berharap, tradisi tersebut tidak hanya terjebak pada nuansa seremonial, tapi, ada variasi baru agar menarik perhatian wisatawan luar daerah. “Ke depan, budaya ini kita lakukan variasi baru tanpa mengurangi keaslian, makna dan tujuannya,” imbuh bupati.

Hal yang sama diutarakan Ketua DPRD Bolsel Abdi Van Gobel. Dia mengapresiasi Festival Tulude yang sudah menjadi program tahunan pemerintah daerah.

“Budaya ini harus dipertahankan dan dijaga sehingga menjadi daya tarik tersendiri di Bolsel,” kata dia.

Dengan adanya Festival Tulude ini diharapkan Bolsel bisa lebih dikenal daerah lain. Festival ini membuktikan Bolsel kaya budaya dan terus mempertahankan kearifan lokal di tengah tren kekinian. “Ayo kita lestarikan budaya lokal,” ucap dia.

Tulude merupakan gelaran acara adat budaya masyarakat Nusa Utara yang menjadi tradisi turun menurun sebagai bentuk acara ucapan syukur yang digelar di setiap tanggal 31 Januari. Tradisi ini biasanya dimulai dengan acara lomba perahu hias, membawa Tamo, makanan khas sejenis kue berbentuk kerucut yang menyerupai tumpeng berlayar ke tengah laut.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3463 seconds (0.1#10.140)