Sisca Soewitomo Konsisten Lestarikan Kuliner Nusantara

Rabu, 07 Februari 2018 - 18:30 WIB
Sisca Soewitomo Konsisten Lestarikan Kuliner Nusantara
Sisca Soewitomo Konsisten Lestarikan Kuliner Nusantara
A A A
JAKARTA - Tanpa regenerasi yang kuat, kuliner nusantara bisa hilang tergerus waktu dan era globalisasi. Hal ini menjadi sebuah tantangan sekaligus peluang khususnya bagi mereka yang menekuni bidang wirausaha kuliner nusantara untuk melestarikannya.

Karena itu, legenda kuliner Indonesia Sisca Soewitomo konsisten untuk melestarikan kuliner nusantara. Hal ini sudah dilakukannya di banyak negara dengan menyajikan dan memperkenalkan beragam kuliner nusantara sesuai dengan ciri khasnya.

"Saya baru saja pulang dari Amerika diundang memperkenalkan masakan nusantara. Saya masak disana dan katanya so delicous. Insyallah saya bisa menduniakan masakan nusantara," tutur Sisca saat ditemui di Aston Suites Kuningan, Jakarta.

"Melestarikan masakan nusantara sebenarnya sudah dilakukan oleh sahabat-sahabat wanita Indonesia setiap pagi. Tiap pagi ibu-ibu menyajikan masakan untuk anak-anak, keluarga yang sehat. Ibu memasak ceplok telor yang cantik dan ditambah kecap," tambahnya.

Sementara, agar dapat mengikuti perubahan para pecinta kuliner, Sisca mengatakan, diperlukan adanya modifikasi kuliner. Kendati demikian tak hanya sekedar memasak, namun juga harus menjaga dan mempertahankan orientasinya.

"Artinya, saat kita memodifikasi sebuah hidangan, kita tidak boleh melupakan unsur-unsur utama yang wajib ada di hidangan tersebut. Misalnya bumbu dasar, teknik pengolahan atau yang lainnya," kata dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6727 seconds (0.1#10.140)