Cokelat Karamel, Dessert Akhir Pekan Bersama Keluarga

Minggu, 11 Februari 2018 - 08:09 WIB
Cokelat Karamel, Dessert...
Cokelat Karamel, Dessert Akhir Pekan Bersama Keluarga
A A A
JAKARTA - Akhir pekan tak lengkap rasanya menikmati hidangan utama tanpa kehadiran menu penutup atau dessert di tengah keluarga. Untuk semakin menambah kehangatan, tak ada salahnya untuk mengajak anak-anak sedikit ‘bermain’ di dapur untuk membuat hidangan dessert favorit.

Tak perlu membuat sesuatu yang sulit, Anda dapat memanfaatkan bahan-bahan yang ada untuk membuat kue cokelat rasa karamel yang menggugah selera. Penasaran seperti apa cara membuatnya? Yuk, intip resep dari Taste.com.au berikut ini:

Bahan-bahan:
100gram dark chocolate
125gram mentega yang telah dicairkan
275gram gula kastor
3bh telur
150 gram tepung terigu
60gram tepung almond
25gram bubuk kakao
250g susu coklat
125ml krim kental

Saus karamael:
165gram gula kastor
125ml krim
1/2sdt garam
250ml Air

Cara membuat:
Panaskan oven sampai 180C. Olesi mentega loyang dan tambahkan kertas roti berukuran 20cm.

Kombinasikan dark coklat dan 250 ml air dalam panci kecil dengan api kecil. Masak, aduk, selama 5 menit atau sampai coklat mencair dan campurannya halus. Sisihkan untuk didinginkan.

Gunakan mixer listrik untuk mengolah mentega dan gula dalam mangkuk sampai halus dan lembut. Tambahkan telur, 1 sekaligus, kocok dengan baik setelah penambahan masing-masing. Campurkan tepung, tepung almond dan bubuk kakao dalam mangkuk.

Tambahkan campuran tepung dan coklat ke dalam campuran mentega. Aduk sampai rata. Adonan kue yang telah jadi agar dipanggang selama 45-50 menit atau sampai kecoklatan. Sisihkan selama 30 menit untuk mendinginkannya.

Sementara, untuk membuat ganache, gabungkan coklat dan krim dalam mangkuk tahan panas di atas panci air mendidih. Usahakan jangan sampai mangkuk menyentuh air. Masak dan diaduk rata sampai coklat meleleh . Setelah itu, tutup dengan bungkus plastik dan letakkan di lemari es selama 30 menit atau sampai sedikit membeku.

Sementara kue sedang mendingin, buatlah saus karamel. Tempatkan gula dalam panci sedang di atas api sedang. Masak, aduk dengan sendok kayu, selama 5-7 menit atau sampai gula larut dan karamel. Angkat dari api. Dengan hati-hati dan perlahan tuangkan krimnya. Tambahkan garam.

Masak dengan api sedang, aduk, selama 5 menit atau sampai saus mendidih dan mengental. Sisihkan untuk diidnginkan dinginkan. Tambahkan saus karamel ke atas kue cokelat yang telah dibuat . Kue Cokelat Karamel pun siap disantap.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3271 seconds (0.1#10.140)