Bakpao Isi Cokelat, Camilan Spesial Imlek

Jum'at, 16 Februari 2018 - 08:06 WIB
Bakpao Isi Cokelat, Camilan Spesial Imlek
Bakpao Isi Cokelat, Camilan Spesial Imlek
A A A
JAKARTA - Bakpao merupakan makanan tradisional China. Bakpao dikenal di Indonesia karena diserap dari bahasa Hokkian yang dituturkan mayoritas orang China di Indonesia. Pao berarti bungkusan dan bak berarti daging.

Jika tak suka dengan isian daging, Anda bisa menggantinya dengan isian cokelat. Tak perlu membeli, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah, termasuk pada momen Imlek. Mengutip Allrecipe, berikut cara membuat Bakpao Isi Cokelat:

Bahan-bahan:
1 sdm ragi kering
1sdt gula putih
1/4 cangkir tepung terigu
1/4 cangkir air
1/2 cangkir air hangat
1/4sdt garam
50 ml susu cair
100 gram coklat batang
1sdm minyak sayur
1/2sdt baking powder

Cara membuat:
Campur ragi bersama, 1sdt gula, 1/4 cup tepung, dan 1/4 cangkir air hangat. Diamkan selama 30 menit.

Campur 1/2 gelas air hangat, tepung, cokelat, susu cair, garam, 2 sendok makan gula pasir, dan minyak sayur. Buat permukaan adonan halus dan elastis. Gulung ke dalam mangkuk yang diminyaki, dan biarkan sampai 2 1/2 sampai 3 jam.

Pijat adonan, dan oleskan di atas papan terigu. Taburi baking powder secara merata di permukaan, dan diamkan selama 5 menit. Bagi adonan menjadi 2 bagian, dan letakkan potongan yang tidak Anda gunakan dalam mangkuk tertutup.

Bagilah masing-masing bagian menjadi 12 bagian. Bentuk setiap bagian menjadi bola dengan permukaan halus ke atas. Letakkan setiap adonan kedalam loyang yang telah dulapisi kertas roti Diamkan sampai dua kali, sekitar 30 menit.

Tempatkan kukusan dengan api sedang . Masukan adonan bakpao selama 15 menit. Bakpao Isi Cokelat pun siap disantap bersama keluarga di momen Imlek.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6581 seconds (0.1#10.140)
pixels