Mencicipi Teh dari Timur Tengah

Kamis, 08 Maret 2018 - 12:05 WIB
Mencicipi Teh dari Timur Tengah
Mencicipi Teh dari Timur Tengah
A A A
JAKARTA - Minuman kafein yang satu ini banyak penggemarnya. Teh yang terbuat dari infusi dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman Camellia sinens atau jenis lainnya ini juga punya banyak campuran.

Ada berbagai macam teh khas, bahkan setiap daerah punya varian rasa teh unik, termasuk Timur Tengah. Salah satunya teh Arab yang mendapat pengaruh dari wilayah Yaman dan Arab Saudi, yakni adeni tea. Adeni tea memiliki campuran berupa rempah, seperti kapulaga, goal para, kayu manis, cengkeh, ditambah susu sapi murni.

Rasa adeni tea yang khas dengan aroma rempah Timur Tengah ini tentu berbeda dengan teh umumnya di Indonesia. Minuman tidak langsung diberi tambahan gula, tetapi biasanya dinikmati bersama kurma sebagai penggantinya,” ungkap Ely Yuliantini, Operational Manager Restoran Aljazeerah Adeni tea juga disebut shai adeni atau shai mulaban yaitu teh susu Yaman.

Teh terbuat dari teh hitam yang diseduh dengan susu kental. Gula, kapulaga, dan cengkeh merupakan bahan utama teh. Teh populer di Yaman ini juga ada di Somalia Utara. Adeni tea disajikan dalam satu pot wadah sedang atau besar untuk kemudian dituangkan ke gelas ukuran mungil.

Selain adeni tea dari Arab, bila ke wilayah seperti India dan Nepal, Anda bisa menemukan minuman teh serupa, tetapi ada beberapa perbedaan campuran rempah. Di Nepal ada masala tea dan Nepal spices tea yang terasa sekali rempahnya. Hampir mirip, minuman ini juga menempatkan rempah kapulaga, selain ada tambahan susu di dalamnya.

“Masala tea akan lebih enak dan kuat rasanya bila dicampurkan dengan Nepal spices tea ,” ungkap salah seorang pedagang teh di Nepal. Seperti milk tea , tetapi lebih kuat lagi aroma rempahnya, teh ini pun lebih cocok dinikmati selagi panas.

Jika memesan masala tea , biasanya tamu menambahkan sendiri gulanya sesuai keinginan. Tidak seperti adeni tea yang cenderung tidak memakai gula, karena ada kurma yang menjadi penggantinya, masala tea sangat perlu menambahkan gula sesuai selera agar rasanya lebih seimbang.

Berbeda dengan adeni tea yang ditempatkan dalam ceret dan dituang pada beberapa gelas kecil, masala tea disajikan dalam satuan gelas sedang atau besar untuk diminum per gelas. (Dyah Ayu Pamela)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5218 seconds (0.1#10.140)