Teh Hijau vs Teh Hitam, Mana yang Lebih Sehat?

Sabtu, 11 November 2023 - 07:00 WIB
loading...
Teh Hijau vs Teh Hitam, Mana yang Lebih Sehat?
Teh hijau dan teh hitam menjadi pilihan paling populer. Lalu, mana yang lebih baik? Foto/ getty.
A A A
JAKARTA – Teh merupakan salah satu minuman yang disukai di dunia. apalagi, rasanya beragam dan memiliki banyak khasiat.

Di antara banyak teh, teh hijau dan teh hitam menjadi pilihan paling populer. Selain rasanya yang berbeda, teh ini juga memiliki manfaat kesehatan yang unik, membuat banyak orang bertanya-tanya minuman mana yang paling unggul dalam bidang kesehatan.

Baca Juga: 7 Manfaat Minum Jus Lemon Tiap Hari, Bisa Cegah Batu Ginjal

Manfaat teh hijau

Dilansir Times of India, teh hijau terkenal dengan kandungan antioksidannya yang kaya, terutama katekin. Epigallocationchin gallate (EGCG), sebuah katekin yang kuat, mencuri perhatian karena sifat antioksidannya yang kuat. Antioksidan ini memerangi radikal bebas, molekul tidak stabil yang dapat merusak sel dan berkontribusi terhadap berbagai penyakit, termasuk kanker.

Teh hijau dipercaya dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan rasio kolesterol baik (HDL). Kehadiran polifenol, seperti katekin, dapat berkontribusi menurunkan tekanan darah dan mendukung fungsi jantung secara keseluruhan.

Bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan, teh hijau mungkin bisa menjadi teman yang berharga. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa katekin dalam teh hijau dapat meningkatkan metabolisme, membantu pembakaran lemak, dan berpotensi berkontribusi pada upaya penurunan berat badan.

Efek samping teh hijau

Teh hijau mengandung kafein, meski dalam jumlah lebih kecil dibandingkan teh hitam atau kopi. Ditambah dengan asam amino L-theanine, teh hijau menawarkan peningkatan energi yang lembut tanpa efek samping yang mengganggu. Kombinasi ini dipercaya dapat meningkatkan fungsi kognitif, meningkatkan kewaspadaan dan suasana hati.

Manfaat teh hitam

Mirip dengan teh hijau, teh hitam dikaitkan dengan manfaat kesehatan jantung. Antioksidan dalam teh hitam, seperti theaflavin dan katekin, dapat berkontribusi terhadap peningkatan fungsi kardiovaskular dengan mengurangi tekanan darah dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.

Teh hitam mengandung senyawa yang disebut polifenol, yang dapat bertindak sebagai prebiotik, mendukung pertumbuhan dan aktivitas bakteri menguntungkan usus. Mikrobioma usus yang sehat dikaitkan dengan berbagai aspek kesejahteraan, mulai dari pencernaan hingga kekebalan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi teh hitam secara teratur dapat berkontribusi pada peningkatan kepadatan tulang, sehingga berpotensi mengurangi risiko patah tulang dan osteoporosis. Fitokimia yang terkandung dalam teh hitam, termasuk flavonoid, diyakini berperan dalam kesehatan tulang.

Teh hitam mengandung lebih banyak kafein dibandingkan teh hijau, menjadikannya pilihan ideal bagi mereka yang mencari peningkatan energi moderat. Kombinasi kafein dan L-theanine dalam teh hitam dapat memberikan kewaspadaan mental tanpa rasa gelisah akibat konsumsi kafein berlebihan.

Bagaimana memilih minuman yang tepat

Pilihan antara teh hijau dan teh hitam pada akhirnya bergantung pada preferensi pribadi dan tujuan kesehatan. Kedua teh tersebut menawarkan beragam manfaat kesehatan, dan memasukkannya ke dalam rutinitas Anda bisa menjadi pilihan bijak.

Jika Anda mencari penambah antioksidan yang kuat, teh hijau dan teh hitam siap membantu Anda. Meskipun teh hijau sering dipuji karena kandungan katekinnya yang tinggi, theaflavin dan thearubigin dalam teh hitam menyediakan serangkaian antioksidan unik yang berkontribusi terhadap kesehatan secara keseluruhan.

Jika pengelolaan berat badan menjadi perhatian utama, teh hijau mungkin memiliki sedikit keunggulan karena potensi khasiatnya yang meningkatkan metabolisme. Namun, baik teh hijau maupun teh hitam dapat menjadi bagian dari gaya hidup sehat bila dikombinasikan dengan pola makan seimbang dan olahraga teratur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1838 seconds (0.1#10.140)