Gurih dengan Keju Khumbu

Jum'at, 09 Maret 2018 - 12:05 WIB
Gurih dengan Keju Khumbu
Gurih dengan Keju Khumbu
A A A
JAKARTA - KEJU merupakan salah satu jenis bahan yang sering ditambahkan dalam olahan makanan. Keju bisa menjadi isian roti atau sandwich , juga cocok dipadu dengan ikan maupun daging.

Bahan yang terbuat dari susu sapi ini juga memiliki ragam, tergantung seberapa lama olahan susu dan jenis susunya. Salah satunya di dataran dekat Pegunungan Himalaya, ada satu jenis keju yang sangat terkenal di sini, yakni keju khumbu.

Khumbu dikenal sebagai nama lain kawasan Everest yang merupakan subwilayah Solu Khumbu yang terletak di sisi Nepal Gunung Everest. Disebut demikian karena wilayah Everest secara resmi telah disebut Khumbu dan termasuk Taman Nasional Sagarmatha di atas Desa Monju dan merupakan Zona Penyangga Taman Nasional Sagarmatha.

Ada banyak desa yang tersebar di seluruh Khumbu. Wilayah ini juga memproduksi keju yang disebut keju khumbu. Dalam menu yang ada di pedesaan, banyak restoran yang kemudian membuat menu dengan keju khumbu. Keju khumbu terbilang berbeda dari keju jenis lain karena memiliki warna lebih kuning dan tekstur lebih padat serta rasanya memang lebih gurih.

Salah satu restoran yang menyajikannya yaitu Cafe deí 8848 di Desa Namche. Keju khum bu dibuat menjadi menu Khumbu cheese toast yang rasanya begitu gurih.

Selain memadukan roti toast dengan keju khumbu, sajian menjadi semakin enak kare na menambahkan salad sayuran dan pada toas ada taburan parsley yang ikut membuat harum. Tentu saja hidangan akan lebih enak dinikmati saat hangat. Keju khumbu sendiri tidak meleleh seperti keju mozarela, tetapi rasanya lebih gurih dan pekat. (Dyah Ayu Pamela)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4842 seconds (0.1#10.140)