Perhatikan Indikator Halal Sebelum Pakai Produk Kosmetik!

Sabtu, 31 Maret 2018 - 08:54 WIB
Perhatikan Indikator Halal Sebelum Pakai Produk Kosmetik!
Perhatikan Indikator Halal Sebelum Pakai Produk Kosmetik!
A A A
JAKARTA - Kesadaran masyarakat akan penggunaan produk halal semakin meningkat. Tak hanya sebatas produk pangan, juga kosmetik. Hal ini membuat beberapa perusahaan kosmetik fokus menggarap produk kecantikan dengan label halal.

"Alhamdulillah, sekarang bayak kosmetik dengan sertifikat halal. Yang perlu diperhatikan kosmetik berbeda dengan makanan. Untuk makanan halal lebih sensitif dan lebih dulu dibandingkan kosmetik. Jadi kosmetik halal lebih tertinggal," kata Wakil Direktur Lembaga Pengkajian Pangan Obat-Obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Muti Arintawati.

Untuk mendapatkan sertifikasi halal, dijelaskan Muti sebuah produk harus memenuhi kriteria sertifikat jaminan halal, di antaranya kebijakan halal hingga bahan yang digunakan, di mana perusahaan harus komitmen dan berkelanjutan dalam menerapkan prinsip halal.

"Produk kosmetik ada peluang bahannya dari bahan yang najis dan tidak halal serta menyebabkan shalat kita tidak sah, karena pakai kosmetik dengan bahan najis. Sayang sekali kita ingin cantik kalau shalat kita tidak diterima dihadapan Allah karena menggunakan kosmetik bahan-bahan najis," jelasnya.

Jika sudah terbebas dari bahan najis, penting juga kosmetik untuk tembus wudhu. Contohnya, saat ini banyak produk kecantik yang mengklaim water resistant atau tahan air. Seperti halnya maskara hingga lipstik yang tahan air sehingga tidak mudah luntur.

"Sekarang banyak kosmetik yang water resistant atau tahan air. Kita harus pastikan apakah tembus air atau tidak. Meski tahan air tapi kalau air wudhu bisa masuk tidak masalah. Kalau nggak tembus wudhu, shalat kita nggak sah. Itu harus lewat pembuktian," tandasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5714 seconds (0.1#10.140)